Pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi guru jasa boga terhadap prestasi belajar siswa SMK di Blitar / Ria Catur Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi guru jasa boga terhadap prestasi belajar siswa SMK di Blitar / Ria Catur Wulandari

Wulandari, Ria Catur (2012) Pengaruh lingkungan sekolah dan kompetensi guru jasa boga terhadap prestasi belajar siswa SMK di Blitar / Ria Catur Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci lingkungan sekolah kompetensi guru jasa boga prestasi belajar. Lingkungan sekolah yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Lingkungan sekolah tersebut yaitu sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana yang menunjang dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar. Sarana dan prasarana di sekolah meliputi ruang pembelajaran umum ruang penunjang dan ruang pembelajaran khusus/praktik. Guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar-mengajar di sekolah. Bimbingan dorongan dan perhatian guru terhadap kegiatan belajar-mengajar dapat memberikan pengaruh bagi prestasi siswa. Mendidik mengajar dan membimbing siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan adalah peran guru dalam mencapai keberhasilan siswanya. Namun keberhasilan siswa secara optimal ditentukan oleh kompetensi guru. Guru yang kompeten dalam bidangnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa dan memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Kompetensi guru merupakan salah satu penentu kualitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK jurusan Jasa Boga Blitar yaitu SMK N 3 Blitar SMK PGRI 2 Blitar SMK N 1 Nglegok dan SMK Bina Wisata. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru SMK Jasa Boga berjumlah 23 orang dan siswa 115 orang. Instrument yang digunakan adalah metode angket untuk mengambil data kompetensi guru observasi untuk mengambil data lingkungan sekolah dan dokumentasi untuk mengambil data nilai rapor. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) lingkungan sekolah berupa saran dan prasarana di Blitar berada pada kategori cukup baik sebesar 50% (2) kompetensi guru jasa boga di Blitar berada pada kategori baik yaitu 70% untuk kompetensi kepribadian 59% untuk kompetensi pedagogik 70% untuk kompetensi profesional 58% untuk kompetensi sosial (3) prestasi belajar siswa SMK jurusan jasa boga di Blitar berada pada kategori baik sebesar 82%. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) lingkungan sekolah yang meliputi sarana prasarana di Blitar berada pada kategori cukup baik (2) kompetensi guru jasa boga di Blitar berada pada kategori baik (3) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan kompetensi guru jasa boga terhadap prestasi belajar siswa SMK di Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48181

Actions (login required)

View Item View Item