Efendi, Zuan (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk mata pelajaran melakukan persiapan pengolahan di SMK Kartika Malang / Zuan Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi bidang-bidang yang lain termasuk pendidikan. Saat ini integrasi komputer dengan pembelajaran menjadi sangat penting. Kolaborasi keduanya dapat mengatasi permasalahan siswa saat belajar. Selama ini kebanyakan siswa beralasan mereka malas belajar karena terlalu jenuh atau bingung dengan metode apa mereka harus belajar. Komputer dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif maupun kolaboratif dalam sebuah proses belajar mengajar. Hadirnya berbagai media memungkinkan pembelajaran disampaikan secara interaktif melalui dukungan visualisasi gambar atau animasi yang memberikan pengalaman baru bagi siswa. Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) merupakan salah satu standar kompetensi yang ada di SMK jurusan Jasa Boga. Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan (MPP) bersifat praktik seperti potongan sayuran garnish metode memasak dan lipatan daun. Dalam proses pembelajaran MPP menjadi tidak efektif dan efisien apabila hanya dilakukan dengan metode ceramah dan berbasis modul. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer pada materi-materi tersebut diharapkan siswa dapat lebih termotivasi dalam belajar dan membantu siswa untuk memahami materi pelajaran yang telah disampaikan sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan di SMK Kartika Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan menggunakan model pengembangan milik Borg Gall yang telah dimodifikasi untuk mempermudah analisis hasil. Tahap pengembangan yaitu (1) Analisis kebutuhan (2) Pengembangan multimedia pembelajaran (3) Pengembangan produk (4) Uji kelayakan (5) Revisi dan (6) Produk akhir. Uji coba produk dilakukan kepada subjek uji coba yang meliputi tim ahli media ahli materi audien yang terdiri dari pelajar SMK. Instrumen angket ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang (1) Penilaian ahli materi (2) Penilaian ahli media (3) Penilaian pengguna/peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data kuantitatif berupa skor angket penilaian dengan menghitung persentase jawaban. Diperoleh Validasi dari ahli materi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 87 5% ahli media diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 81 67% dan uji coba lapangan terbatas diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80% sehingga diperoleh nilai rata-rata persentase keseluruhan sebesar 80% dan disimpulkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk Mata Pelajaran Melakukan Persiapan Pengolahan dinyatakan valid dan tidak perlu direvisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48179 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |