Pengaruh penggunaan pati garut sebagai bahan pengikat terhadap bentuk dan tekstur bakso / Nanda Farah Bahroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pati garut sebagai bahan pengikat terhadap bentuk dan tekstur bakso / Nanda Farah Bahroni

Bahroni, Nanda Farah (2011) Pengaruh penggunaan pati garut sebagai bahan pengikat terhadap bentuk dan tekstur bakso / Nanda Farah Bahroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bakso daging sapi pati garut Lazimnya bakso sapi dibuat dengan bahan utama daging sapi dan bahan pengikatnya tepung tapioka . Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu pembuatan bakso daging sapi dengan menggunakan bahan pengikat pati garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat organoleptik dan tingkat kesukaan meliputi bentuk dan tekstur bakso daging sapi dengan bahan pengikat pati garut. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Sidik Ragam apabila ada perbedaan nyata dilanjutkan uji Duncan s Multiple Range Test. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan sangat nyata pada terhadap bentuk bakso sapi pati garut dengan perlakuan penggunaan pati garut sebagai bahan pengikat sebanyak 10% 15% dan 20% yaitu antara perlakuan B dengan A sebesar (0 64) C dengan A sebesar (0 94) C dengan B sebesar ( 1 58) dan tekstur bakso sapi pati garut antara perlakuan B dengan A sebesar (1 21) C dengan A sebesar (1 93) C dengan B sebesar ( 0 72). Hasil uji hedonik menghasilkan bentuk bentuk bakso sapi pati garut yang disukai panelis adalah bentuk pada perlakuan A (61 11%). Bentuk bakso sapi pati garut yang kurang disukai adalah bentuk pada perlakuan B dan C (3 33%). Tesktur yang disukai yaitu pada perlakuan A (61 11%) tekstur bakso sapi pati garut yang kurang disukai adalah tekstur pada perlakuan B (6 67%). Kesimpulan penelitian ini adalah semakin banyak pemakaian bahan pengikat pati garut maka bentuk yang dihasilkan menjadi kurang bulat semakin banyak pemakaian bahan pengikat pati garut tekstur yang dihasilkan semakin kenyal. Bakso sapi pati garut yang disukai panelis adalah bakso sapi dengan komposisi bahan pengikat 10% karena memiliki bentuk dan tekstur yang sesuai dengan standar umum bakso pada umumnya. Dengan demikian pati garut dalam persentase 10% 15% dan 20% dapat digunakan sebagai bahan pengikat dalam proses pembuatan bakso daging sapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48173

Actions (login required)

View Item View Item