Putri, Masdewi Pusporini Dwi (2011) Korelasi perilaku makan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa Program Akselerasi SMP Negeri 1 Malang / Masdewi Pusporini Dwi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Prestasi Belajar Status Gizi Perilaku Makan. Prestasi belajar siswa program akselerasi SMPN 1 Malang lebih baik dibandingkan dengan teman sebayanya. Prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah status gizi. Kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat terpenuhi jika siswa memiliki perilaku makan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku makan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa di sekolah baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini termasuk penelitian Survey dengan pendekatan Cross Sectional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa program akselerasi SMP Negeri 1 Malang yang berjumlah 51 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data 1) Perilaku makan berhubungan secara signifikan terhadap status gizi pada taraf signifikasi 0 000 dan rhitung (0 383) rtabel (0 279) 2) Perilaku makan berhubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar pada taraf signifikasi 0 000 dan rhitung (0 294) rtabel (0 572) 3) Secara partial status gizi kurang berhubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar pada taraf signifikasi 0 000 dan rhitung (0 701) rtabel (0 279) 4) Status gizi baik berhubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar pada taraf signifikasi 0 004 dan rhitung (0 281) rtabel (0 279) 5) Status gizi lebih tidak berhubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar 6) Secara simultan diperoleh hubungan yang signifikan antara perilaku makan dan status gizi terhadap prestasi belajar siswa program akselerasi SMPN 1 Malang hal ini terbukti Fhitung (17 022) Ftabel (3 178) dan taraf signifikasi 0 000. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa perilaku makan dan status gizi berhubungan secara parsial dan secara simultan dengan prestasi belajar siswa program akselerasi SMPN 1 Malang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini 1). Bagi orang tua siswa agar lebih memperhatikan perilaku makan siswa terutama berhubungan dengan jenis dan variasi menu makan di rumah agar kebutuhan gizi siswa dapat terpenuhi dan konsentrasi belajar lebih baik sehingga prestasi yang dicapai bisa sangat baik 2). Bagi peneliti lain hendaknya dalam melaksanakan penelitian yang sama lebih diperdalam tentang hubungan status gizi lebih terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |