Aplugi, Reo Dina Regina (2010) Hubungan tingkat percaya diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas XI Program Studi Keahlian Restoran SMK Negeri 7 Malang / Reo Dina Regina Aplugi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Percaya diri motivasi berprestasi prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa tidak akan tercapai secara maksimal tanpa adanya motivasi berprestasi dan rasa percaya diri siswa yang tinggi oleh karenanya dibutuhkan faktor-faktor untuk meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi siswa agar siswa mencapai hasil yang memuaskan bagi orang tua atau wali dan sekolah serta kemampuan untuk berkompetensi di masa sekolah.Penelitian ini bertujuan mengetahui (a) hubungan tingkat percaya diri dengan prestasi belajar siswa (b) hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa (c) hubungan tingkat percaya diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional karena memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Program Studi Keahlian Restoran SMK Negeri 7 Malang yang berjumlah 51 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (a) terdapat hubungan tingkat percaya diri dengan pertasi belajar siswa dengan hasil analisis menunjukkan 39.2 % (20 responden) menjawab sangat tinggi 37 3 % (19 responden) menjawab tinggi dan 23.5% (12 responden) menjawab sedang dan uji t didapat thitung Ttabel (15.455 1.371) atau (0.05 0.000) (b) terdapat hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa dengan hasil analisis menunjukkan 35.3 % (18 responden) menjawab sangat tinggi 52.9 % (27 responden) menjawab tinggi dan 11.8 % (8 responden) menjawab sedang dan uji t didapat thitung ttabel (11.965 1.371) atau (0.05 0.000) (c) terdapat hubungan tingkat percaya diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa dengan hasil analisis uji t menunjukkan thitung ttabel (11.989 2.000) atau perbandingan taraf signifikansi Signifikansi hitung (0.05 0.000). Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan sehubungan dengan kesimpulan di atas adalah (1) Bagi pihak sekolah diharapkan dapat memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa agar dapat memaksimalkan potensi yang ada (2) Bagi guru meningkatkan wawasan belajar mengajar lebih luas serta memberikan dorongan yang positif kepada peserta didik sehingga siswa dapat berprestasi secara maksimal (3) Bagi siswa diharapkan untuk mengoptimalkan kemampuan percaya dirinya untuk mengeksplorasikan kemampuan diri yang dimilikinya serta meningkatkan motivasi belajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik (4) Bagi pembaca yang berminat melanjutkan penelitian ini diharapkan untuk menyempurnakan yaitu dengan menggunakan/memperluas variabel yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |