Inovasi produk sate bandeng Banten pada warna, aroma, tekstur, dan rasa bagi konsumen di Kota Malang / Ditha Cahyarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi produk sate bandeng Banten pada warna, aroma, tekstur, dan rasa bagi konsumen di Kota Malang / Ditha Cahyarani

Cahyarani, Ditha (2010) Inovasi produk sate bandeng Banten pada warna, aroma, tekstur, dan rasa bagi konsumen di Kota Malang / Ditha Cahyarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inovasi Produk Sate Bandeng Banten Upaya mengembangkan potensi daerah melalui budaya makanan tradisional provinsi Banten dilakukan salah satunya adalah pengembangan produk sate bandeng. Berdasarkan studi pendahuluan melalui observasi produk Sate Bandeng Asli Banten pada konsumen di kota Malang dapat dinyatakan bahwa penerimaan terhadap warna dan rasa oleh sebagian besar konsumen kurang disukai. Hal ini memunculkan gagasan untuk melakukan pengembangan dengan membuat inovasi produk sate bandeng Banten menggunakan resep dasar Sate Bandeng asli Banten. Inovasi yang dibuat terdiri dari 3 (tiga) macam produk dan berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 3 (tiga) orang ahli Tata Boga hanya 2 (dua) produk yang dinyatakan valid untuk dapat dilanjutkan pada tahap uji coba. Produk tersebut diberi nama Sate Bandeng Banten dan Sate Bandeng Banten plus Kemangi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan dari Sugiyono (2009) yang telah dimodifikasi oleh peneliti dengan prosedur pengembangan sebagai berikut 1) studi pendahuluan 2) desain produk 3) validasi desain 4) revisi desain 5) uji coba produk. Subjek uji coba dalam pengembangan ini adalah responden yang tergolong kategori konsumen sebanyak 30 orang dengan kriteria yang telah ditentukan. Uji coba dilakukan di lingkungan Universitas Negeri Malang dengan menyajikan kedua contoh produk yang diberi kode A (Sate Bandeng Banten) dan B (Sate Bandeng Banten plus Kemangi) kemudian hasil penilaian diisikan ke dalam format penilaian.Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil inovasi produk sate bandeng Banten menunjukkan bahwa penilaian mutu produk terdapat pada warna cokelat agak kehitaman aroma tidak berbau tanah tekstur tidak berduri dan rasa sedikit manis dengan presentase sebagai berikut pada warna cokelat agak kehitaman meningkat dari 23 3% menjadi 80% (A) dan 76 7% (B) aroma tidak berbau tanah meningkat dari 76 7% menjadi 96 7% (A) dan 100% (B) tekstur tidak berduri dari 70% menjadi 83 4% (A) dan 86 7% (B) rasa sedikit manis dari 6 6% menjadi 63 3% (A) dan 53 4% (B) terdapat pada rasa cukup manis. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penerimaan sate bandeng Banten pada warna aroma tekstur dan rasa. Sehingga untuk saran pengembangan lebih lanjut diharapkan kedua produk sate bandeng Banten dapat dipasarkan di kota Malang sebagai alternatif pilihan hidangan lauk pauk berbahan dasar ikan bandeng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48143

Actions (login required)

View Item View Item