Pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 7 Malang / Hardiansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 7 Malang / Hardiansah

Hardiansah (2010) Pengaruh pola belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif siswa kelas XI jurusan tata boga SMK Negeri 7 Malang / Hardiansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hardiansah. 2010 Pengaruh Pola Belajar Siswa Terhadap Prestasi belajar Pada mata Pelajaran Produktif Siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMKN 7 Malang (angkatan 2009/2010). Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.H. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes (2) Dra. Hapsari Kusumawardani M. Pd. Kata Kunci Pola Belajar Prestasi Pada Mata Pelajaran Produktif Tata Boga Poal belajar adalah prilaku belajar seseorang yang dilakukan secara tetap atau sama dari waktu-kewaktu. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pola belajar siswa di rumah dan pola belajar siswa di sekolah pada siswa kelas XI SMKN 7 Malang dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola belajar tersebut terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif Tata Boga siswa kelas XI SMKN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah pola belajar dirumah sebagai variabel bebas (X1) dan pola belajar siswa disekolah (X2) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Tata Boga SMKN 7 Malang yang berjumlah 53 orang semester gasal dengan tingkat kesalahan 5%. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket tertutup. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan F. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel pola belajar siswa di rumah (X1) secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMKN 7 Malang. 2).Terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel pola belajar di sekolah (X2) secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMKN 7 Malang secara simultan terdapat pengaruh positif yang signifikan variabel pola belajar siswa di rumah(X1) dan pola belajar siswa di sekolah (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMKN 7 Malang dengan nilai F hitung 30 196. Adjusted R Square menunjukkan 52 9 % adanya pengaruh variabel pola belajar siswa di rumah dan disekolah terhadap prestasi belajar dan sisanya 47 1 % dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah terdapat pengaruh yang signifikan antara variable pola belajar siswa dan variable prestasi belajar siswa baik pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara simultan. Berdasarkan kesimpulan tersebut siswa diharapkan agar lebih meningkatkan pola belajar mereka terutama pola belajar diruma dengan cara memanfaatkan waktu dirumah semaksimal mungkin untuk menerapkan pola belajar mereka. Sedangkan bagi pihak sekoal guru khususnya diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan supaya dapat meningkatkan pola belajar siswa disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48129

Actions (login required)

View Item View Item