Hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan motivasi menjadi guru mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian usaha jasa restoran angkatan 2007 FT UM / Ni Ketut Sri Eka Utari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan motivasi menjadi guru mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian usaha jasa restoran angkatan 2007 FT UM / Ni Ketut Sri Eka Utari

Utari, Ni Ketut Sri Eka (2010) Hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan motivasi menjadi guru mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian usaha jasa restoran angkatan 2007 FT UM / Ni Ketut Sri Eka Utari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utari Ni Ketut Sri Eka. 2010. Hubungan antara Persepsi tentang Sertifikasi Guru dengan Motivasi Menjadi Guru Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian Usaha Jasa Restoran Angkatan 2007 FTUM. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S. T. M. Pd (II) Ir. Ummi Rohajatien M. Pd. Kata kunci persepsi sertifikasi guru motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang sertifikasi guru dengan motivasi menjadi guru mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian UJR Angkatan 2007 FTUM sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan tujuan Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian UJR yang mempersiapkan mahasiswa sebagai calon guru. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif-korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru (X) dan motivasi mahasiswa menjadi guru (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian UJR Angkatan 2007 FT UM. Jumlah mahasiswa yang dijadikan subjek penelitian adalah 25 orang. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisi korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) 12% mahasiswa mempunyai persepsi sangat tinggi tentang setifikasi guru (2) 88% mahasiswa mempunyai persepsi tinggi tentang setifikasi guru (3) 60% mahasiswa mempunyai motivasi sangat tinggi untuk menjadi guru (4) 40% mahasiswa mempunyai motivasi tinggi untuk menjadi guru (5) ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru dengan motivasi mereka untuk menjadi guru dengan koefisian korelasi (r) sebesar 0 759 (Sig. (p) 0 000). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru tergolong berkategori tinggi (2) motivasi mahasiswa untuk menjadi guru tergolong berkategori sangat tinggi dan (3) hubungan antara persepsi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Bidang Keahlian UJR Angkatan 2007 FT UM tentang sertifikasi guru dengan motivasi mereka untuk menjadi guru tergolong kuat signifikan dan searah. Berdasarkan hasil penelitian ini ada tiga saran yang dapat diberikan sebagai berikut (1) bagi Universitas Negeri Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Industri diharapkan mempertahankan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru dengan mempertahankan dan mengembangkan pola pembelajaran yang telah dilaksanakan (2) bagi mahasiswa Prodi S1 Tata Boga Bidang Keahlian UJR agar meningkatkan kompetensi profesionalisme dengan memperdalam wawasan dan keterampilan mengenai profesi keguruan dan (3) bagi peneliti selanjutnya dapat diteliti bagaimana hubungan persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap tingkat pemilihan profesi keguruan oleh lulusan Prodi S1 Tata Boga Bidang Keahlian UJR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48125

Actions (login required)

View Item View Item