Perbedaan hasil belajar kompetensi menyediakan layanan makan dan minum yang menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah pada siswa kelas X Resto SMK negeri 1 Batu / Lutfiyah Afidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar kompetensi menyediakan layanan makan dan minum yang menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah pada siswa kelas X Resto SMK negeri 1 Batu / Lutfiyah Afidah

Afidah, Lutfiyah (2010) Perbedaan hasil belajar kompetensi menyediakan layanan makan dan minum yang menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah pada siswa kelas X Resto SMK negeri 1 Batu / Lutfiyah Afidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afidah Lutfiyah. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Kompetensi Menyediakan Layanan Makan dan Minum yang Menggunakan Metode Demonstrasi dan Metode Ceramah Siswa Kelas X Resto SMK Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Teknologi Industri FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Amat Nyoto M. Pd (II) Dra. Nunung Nurjanah M.Kes Kata kunci Metode demonstrasi hasil belajar. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah penggunaan metode pembelaran yang tepat. Dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kompetensi menyediakan layanan makan dan minum yang menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah siswa kelas X Resto SMK Negeri 1 Batu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Batu tahun ajaran 2008/2009. Instrumen pengambilan data untuk aspek kognitif dengan menggunakan tes tertulis untuk materi table set-up berupa 10 soal objektif dengan 5 alternatif jawaban kemudian dianalisis dengan uji t. Instrumen pengambilan data untuk aspek afektif dan psikomotorik dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis uji-t bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kompetensi menyediakan layanan makan dan minum yang menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah pada siswa kelas X resto SMK Negeri1 Batu. Ketercapaian aspek afektif kelas eksperimen sebesar 74.91% dan ketercapaian aspek afektif kelas kontrol sebesar 66.27%. Sedangkan ketercapaian aspek psikomotorik kelas eksperimen sebesar 76% dan ketercapaian aspek psikomotorik kelas kontrol sebesar 72.34%. Dengan menerapkan metode demonstrasi sangat sesuai bagi sekolah yang memiliki keterbatasan alat-alat praktikum. Selain itu metode ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan metode lain yang lebih efektif agar pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Hendaknya sekolah melengkapi alat-alat praktikum sehingga pembelajaran dapat terlaksana secara maksimal. Selain itu sebaiknya bagi guru kompetensi menyediakan layanan makan dan minum lebih sering menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48120

Actions (login required)

View Item View Item