Implementasi pembelajaran mata diklat produktif mengolah makanan continental pada program keahlian restoran di SMK Negeri I Turen / Sandrawati Sasmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran mata diklat produktif mengolah makanan continental pada program keahlian restoran di SMK Negeri I Turen / Sandrawati Sasmita

Sasmita, Sandrawati (2010) Implementasi pembelajaran mata diklat produktif mengolah makanan continental pada program keahlian restoran di SMK Negeri I Turen / Sandrawati Sasmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmita Sandrawati. 2009. Implementasi Pembelajaran Mata Diklat Produktif Mengolah Makanan Continental Pada Program Keahlian Restoran di SMK Negeri I Turen. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat ST M.Pd (II) Dra. Titi Mutiara Kiranawati M.P. Kata kunci implementasi pembelajaran mata diklat produktif restoran SMK Proses pembelajaran di kelas dapat berjalan sesuai yang diharapkan apabila seorang guru dapat merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Dengan baik. Ketiga kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan perencanaan pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran Mata Diklat Produktif Mengolah Makanan Continental pada kelas X program keahlian Restoran di SMK Negeri I Turen. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskiptif evaluatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Mata Diklat Produktif Mengolah Makanan Continental. Variabel tersebut dijabarkan menjadi sub variabel sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai responden Program Studi Keahlian Restoran SMK Negeri I Turen. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan lembar observasi penilaian lembar penilaian dan angket. Hasil penelitian perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa (1) identitas kompetensi RPP sangat baik mempunyai skor 4 (2) tujuan pembelajaran sangat baik mempunyai skor 4 (3) pengembangan dan kesesuai pemgembangan materi baik mempunyai skor 3 (4) metode pembelajaran mempunyai baik mempunyai skor 3 (5) skenario pembelajaran baik mempunyai skor 3 (6) media/sumber/bahan/alat sangat baik mempunyai skor 4 (7) prosedur jenis dan menyiapkan penilaian sangat baik mempunayai skor 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) membuka pelajaran pada pelaksanaan pembelajaransangat baik mempunyai skor 4 (2) melaksanakan kegiatan inti sangat baik mempunyai skor 4 (3) melaksanakan refleksi dan penilaian sangat baik mempunyai skor 4 (4) melaksanakan kesan umum dan kinerja guru sangat baik mempunyai skor 4 (5) mendemostrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran mata pelajaran tertentu sangat baik mempunyai skor 4 (6) mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran praktek baik mempunyai skor 3. Hasil penelitian evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa (1) pembelajaran di lakukan setiap akhir pertemuan mempunyai skor 4 (2) apakah ibu mengembalikan hasil ulangan kepada siswa mempunyai skor 4 (3) pada lembar jawaban pembelajaran ibu memberikan balikan mempunyai skor 4 (4) Bentuk soal untuk evaluasi teori ibu menggunakan beberapa soal antara lain esai pilihan ganda atau multiple choice dan menjodohkanmempunyai skor 3 (5) Cara mengevaluasi praktek di laksanakan terintregrasi dengan pembelajaran praktek itu sendiri artinya penilaian di dasarkan pada hasil praktek siswa mempunyai skor 3 (6) aspek-aspek dalam evaluasi praktek komponen apa saja yang ibu nilai antara lain kebersihan area kerja hygiene kecepatan dan ketepatan kerja kelengkapan bahan kelengkapan penyajian makanan meliputi garnish alat hidang porsi display meliputi skirting menu card napkin folding kriteria hasil meliputi warna rasa tekstur mempunayi skor 4 (7) pada saat memulai pelajaran apakah ibu selalu melakukan post test mempunyai skor 3 dan (8) setelah mata pelajaran selesai ibu selalu melakukan pre test mempunyai skor 3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48116

Actions (login required)

View Item View Item