Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar standar kompetensi dasar pengolahan makanan pada siswa kelas X Program Keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang / Herna Wahyu Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar standar kompetensi dasar pengolahan makanan pada siswa kelas X Program Keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang / Herna Wahyu Rahmawati

Rahmawati, Herna Wahyu (2010) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar standar kompetensi dasar pengolahan makanan pada siswa kelas X Program Keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang / Herna Wahyu Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam belajar adalah adanya motivasi belajar. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan tercapai. Permasalahan motivasi belajar dapat berdampak pada hasil belajar karena tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh tinggi rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis deskriptif korelasional dengan analisis regresi linear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Standar Kompetensi Dasar Pengolahan Makanan (SKDPM) pada siswa kelas X Program Keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang Semester Genap 2008/2009. Populasi penelitian berjumlah 109 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa Kelas X Restoran SMK Negeri 2 Malang Semester Genap 2008/2009 sangat tinggi sebanyak (11%) siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak (86%) siswa yang memiliki motivasi belajar cukup tinggi sebanyak (3%) dan tidak ada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (0%). Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil belajar baik sebanyak (51%) siswa yang memiliki hasil belajar cukup sebanyak (49%) dan tidak ada siswa yang memiliki hasil belajar sangat baik dan hasil belajar kurang (0%). Berdasarkan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar SKDPM artinya dengan besarnya nilai thitung ttabel (2 15 1 982383) maka H0 ditolak artinya bahwa ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Nilai koefisien regresi sebesar 0 063 yang berarti bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar SKDPM adalah positif yaitu sebesar 6 3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Sebagian besar siswa kelas X program keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang Semester Genap 2008/2009 memiliki motivasi belajar yang tinggi pada SKDPM (2) Sebagian besar siswa kelas X program keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang Semester Genap 2008/2009 memiliki hasil belajar yang baik pada SKDPM (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar SKDPM pada siswa kelas X program keahlian Restoran SMK Negeri 2 Malang Semester Genap 2008/2009. Diharapkan pihak sekolah hendaknya memberikan beasiswa bagi siswa yang berprestasi untuk lebih meningkatkan motivasi belajar sehingga prestasi belajar yang diperoleh tetap dipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48114

Actions (login required)

View Item View Item