Pelaksanaan pembelajaran pada jurusan tata boga di SMK Negeri 3 Malang sebagai rintisan sekolah berstandar internasional / Melchiorita Yosiana Hallatu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran pada jurusan tata boga di SMK Negeri 3 Malang sebagai rintisan sekolah berstandar internasional / Melchiorita Yosiana Hallatu

Hallatu, Melchiorita Yosiana (2009) Pelaksanaan pembelajaran pada jurusan tata boga di SMK Negeri 3 Malang sebagai rintisan sekolah berstandar internasional / Melchiorita Yosiana Hallatu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Malang dengan fokus penelitian pelaksanaan pembelajaran terkait dengan kesiapan guru produktif jurusan Tata Boga menyiapkan perangkat mengajar mulai dari pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penggumpulan data adalah wawancara observasi/pengamatan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan proses pembelajaran terkait dengan kesiapan guru jurusan Tata Boga dalam menyiapkan perangkat mengajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan dan masih separuh menjalankan standar RSBI mengingat sekolah ini telah menyandang predikat RSBI. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Silabus mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi materi pelajaran metode mengajar media belajar dan sumber belajar. Materi pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan industri karena diharapkan siswa yang sudah lulus dapat bekerja di dunia industri. Metode mengajar yang digunakan adalah ceramah dan demonstrasi hal ini tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang digunakan pada sekolah RSBI. Media pembelajaran didalam salah satu persyaratan sekolah RSBI adalah menggunakan ICT dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hal ini belum sepenuhnya dilaksanakan guru Tata Boga dalam KBM. Media pembelajaran yang seringnya digunakan adalah alat/bahan itu sendiri LCD dan laptop sebagai alat untuk menayangkan slide powerpoint dan sumber belajar guru umumnya mengambil dari buku-buku boga majalah internet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SMK Negeri 3 Malang belum dapat melaksanakan sekolah RSBI dengan baik. Ini terbukti hampir seluruh standar sekolah RSBI belum dilaksanakan. Sedangkan untuk kesiapan guru jurusan Tata Boga dalam menyiapkan perangkat mengajar yang meliputi pembuatan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dikatakan guru Tata Boga siap hanya karena tidak adanya dukungan yang berarti dari pihak-pihak terkait sehingga guru Tata Boga belum sepenuhnya melaksanakan standar-standar sekolah RSBI. Saran dari penelitian ini kepada pihak sekolah dan guru adalah agar pada saat penerimaan siswa dapat dilakukan seleksi ketat dan juga mengadakan berbagai macam pelatihan metode mengajar untuk guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48113

Actions (login required)

View Item View Item