Behi, Mariana Djo (2009) Hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa pada kelompok mata diklat produktif siswa kelas X di SMK Negeri 2 Malang / Mariana Djo Behi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Djo Behi Mariana. 2009. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Kelompok Mata Diklat Produktif Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi Tata Boga Bidang Keahlian Usaha Jasa Restoran Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat ST. M.Pd (II) Dra. Agus Hery Supadmi I. M.Pd. Kata Kunci kebiasaan belajar prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kualifikasi kebiasaan belajar siswa di rumah (2) mendeskripsikan kualifikasi kebiasaan belajar siswa di sekolah (3) mendeskripsikan kualifikasi prestasi belajar siswa (4) menganalisis hubungan antara kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar (5) menganalisis hubungan antara kebiasaan belajar di sekolah dengan prestasi belajar (6) menganalisis hubungan antara kebiasaan belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik penarikan sampel menggunakan total sampling dengan sampel yang berjumlah sebanyak 68 siswa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data (1) Kebiasaan belajar di rumah pada kualifikasi baik terbukti dengan perolehan persentase sebesar 52 9% (2) Kebiasaan belajar di sekolah pada kualifikasi baik terbukti dengan perolehan persentase sebesar 51 5% (3) Prestasi belajar pada kualifikasi baik terbukti dengan perolehan persentase 79 41% (4) Ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa yaitu sebesar 0 423 (5) Ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar di sekolah dengan prestasi siswa yaitu sebesar 0 465 (6) Secara simultan ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar di rumah dan kebiasaan belajar di sekolah dengan prestasi belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Kualifikasi kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar pada tingkat baik (2) Kualifikasi kebiasaan belajar di sekolah pada tingkat baik (3) Kualifikasi prestasi belajar pada tingkat baik (4) Ada hubungan kebiasaan belajar di rumah dengan prestasi belajar (5) Ada hubungan kebiasaan belajar di sekolah dengan prestasi belajar (6) Secara parsial maupun simultan ada hubungan anatara kebiasaan belajar di rumah dan di sekolah dengan prestasi prestasi belajar. Saran dari penelitian ini adalah (1) Siswa hendaknya tetap mempertahankan kebiasaan belajar di rumah maupun di sekolah agar siswa dapat berprestasi lebih baik lagi (2) Guru mata diklat hendaknya menciptakan suasana belajar mengajar yang mampu menumbuhkembangkan kegairahan belajar siswa (3) Bagi orangtua hendaknya memperhatikan dan mendampingi anak dalam kegiatan belajarnya di rumah sehingga anak termotivasi untuk belajar lebih giat lagi (4) Peneliti yang akan datang diharapkan penelitian ini untuk ditindaklanjuti dengan variabel yang berbeda dan sampel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48112 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |