Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan teknik STAD terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran penyajian makanan (studi penelitian pada siswa kelas X Resto 2 SMKN 2 Malang) / Erma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan teknik STAD terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran penyajian makanan (studi penelitian pada siswa kelas X Resto 2 SMKN 2 Malang) / Erma

Erma (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan teknik STAD terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran penyajian makanan (studi penelitian pada siswa kelas X Resto 2 SMKN 2 Malang) / Erma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erma. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif teknik JIGSAW dan teknik STAD Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar pada mata pelajaran penyajian makanan (Studi Siswa Kelas X Resto 2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Jasa Restoran Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Etta Mamang Sangaji M. Si (2) Dra. Wiwik wahyuni M.Pd. Kata kunci pembelajaran kooperatif Jigsaw STAD. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar mata pelajaran penyajian makanan peserta didik sedikit rendah salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar pada mata pelajaran penyajian makanan ini adalah kecenderungan menerapkan metode pembelajaran yang tidak variatif atau konvensional. Usaha meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran penyajian makanan dapat dilakukan dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik STAD yang melibatkan peserta didik sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung mengembangkan sikap sosial antar sesama peserta didik sebagai latihan hidup dalam suatu masyarakat yang nyata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixing reserch dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian dikumpulkan melalui 1) observasi 2) wawancara 3) angket 4) catatan lapangan 5) dokumentasi dan 6) hasil uji hipotesa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Resto 2 di SMKN 2 Malang. Teknik analisis data dilakukan dengan mengunakan hasil uji compremean dari perbandingan teknik jigsaw dan teknik STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik STAD kepada peserta didik secara umum mengalami peningkatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa 2) kerjasama peserta didik dalam pembelajaran ini juga berlangsung dengan baik dimana peserta didik tidak membedakan kemampuan akademik latar belakang sosial maupun jenis kelamin tetapi lebih didorong oleh rasa tanggung jawab mereka dalam menyelesaikan tugas 3) motivasi peserta didik dalam penerapan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik STAD sudah baik hal ini ditunjukkan dengan berdasarkan perolehan skor dan persentase dari 36 siswa kelas X Resto 2 yang mengisi angket motivasi belajar dengan hasil presentase yang meningkat. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dan teknik STAD pada mata pelajaran penyajian makanan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibuktikan dengan kerjasama peserta didik dalam menyelesaikan tugas dengan baik. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1)Bagi siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran baik dalam melaksanakan percobaan maupun diskusi didalam kelas. 2)Bagi peneliti lain jika ingin menggunakan pembelajaran penyajian makanan dengan teknik jigsaw dan teknik STAD hendaknya dilakukan pada pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48110

Actions (login required)

View Item View Item