Hubungan antara motivasi memilih jurusan restoran dan hasil belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Rudi Barianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi memilih jurusan restoran dan hasil belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Rudi Barianto

Barianto, Rudi (2010) Hubungan antara motivasi memilih jurusan restoran dan hasil belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Rudi Barianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Barianto Rudi. 2009. Hubungan Antara Motivasi Memilih Jurusan Restoran dan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 7 Malang . Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Teti Setiawati M.Pd (II) Dra. Nunung Nurjanah M.kes. Kata kunci hasil belajar smk negeri 7 motivasi memilih jurusan Sekolah merupakan tempat menimba ilmu secara formal karena di sekolah terlaksana serangkaian kegiatan yang terencana dan terorganisir. Di Indonesia sekolah lanjutan tingkat atas ( SLTA) terdiri dari tiga yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK Negeri 7 Malang merupakan sekolah kejuruan yang terdiri dari 3 program keahlian seperti program Tata Boga (restoran) Tata Busana dan Analisis Kimia. Salah satu jurusan yang sedang berkembang di SMK Negeri 7 Malang adalah jurusan restoran. Dari dua puluh mata diklat yang diajarkan pada semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 masih banyak siswa yang belum mencapai KKM yang diinginkan oleh pihak sekolah. Dari uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Motivasi Memilih Jurusan Restoran dan Hasil belajar Siswa SMK Negeri 7 Malang . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut a) Rancangan Penelitian yang digunakan adalah regresi sederhana dan berganda (b) Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan restoran SMK Negeri 7 Malang yang berjumlah 50 orang (c) Instrumen Penelitian pada penelitian ini menggunakan angket/ kuesioner (d) Pengujian Instrumen pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas (e) Pengumpulan Data dalam penelitian ini langkah-langkahnya adalah tahap persiapan dan tahap pelaksanaan dan (f) Teknik Analisis Data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi siswa SMK Negeri 7 Malang jurusan restoran adalah tinggi yaitu sebesar 74% hasil belajar siswa tergolong tinggi yaitu 7 00-8 49 hasil analisis deskriptif dan korelasional menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik maupun ekstrinsik terhadap hasil belajar baik secara sendiri-sendiri maupun simultan Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pengaruh yang signifikan antara motivasi memilih jurusan dan hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik dan dapat disarankan kepada sekolah dan orang tua untuk lebih memberikan lagi motivasi kepada siswanya dan anaknya untuk peneliti lain agar variabel yang diteliti bisa lebih banyak lagi sehingga dapat membantu pihak-pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48109

Actions (login required)

View Item View Item