Pengaruh kemampuan bekerjasama dengan teman dan bentuk tugas terhadap prestasi akademik (pada standar kompetensi provide room service di SMK Negeri 2 malang / Dian Hasty Kurnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan bekerjasama dengan teman dan bentuk tugas terhadap prestasi akademik (pada standar kompetensi provide room service di SMK Negeri 2 malang / Dian Hasty Kurnia

Kurnia, Dian Hasty (2010) Pengaruh kemampuan bekerjasama dengan teman dan bentuk tugas terhadap prestasi akademik (pada standar kompetensi provide room service di SMK Negeri 2 malang / Dian Hasty Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurnia Dian Hasty 2009. Pengaruh Kemampuan Bekerja Sama Dengan Teman dan Bentuk Tugas Terhadap Prestasi Akademik Pada Standar Kompetensi Provide Room Service kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri FT Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Amat Nyoto M.Pd. (II) Dra. Titi Mutiara Kiranawati M.P. Kata Kunci Kemampuan Bekerja sama Bentuk Tugas Prestasi Akademik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh kemampuan bekerja sama dengan teman terhadap prestasi akademik (2) adanya pengaruh yang signifikan bentuk tugas terhadap prestasi akademik (3) adanya interaksi antara kemampuan bekerja sama dengan teman terhadap bentuk tugas (kelompok individu) (4 adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan bekerja sama dengan teman dan bentuk tugas terhadap prestasi akademik (5) apakah kelas dengan model penyelesaian tugas secara kelompok akan memiliki prestasi lebih baik dibanding kelas dengan model individu. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik inferensial. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling dengan responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder yaitu angket dan instrumen perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data uji asumsi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data 1) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bekerjasama dengan teman secara individu terhadap prestasi akademik siswa terbukti dengan 945 5% (0 05) menunjukkan nilai t hitung t tabel (2 802 2 048) 2) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan bekerjasama dengan teman secara kelompok terhadap prestasi akademik siswa terbukti dengan 945 5% (0 05) menunjukkan nilai t hitung t tabel (2 765 2 048) 3) Secara simultan diperoleh pengaruh yang signifikan antara bentuk tugas terhadap prestasi akademik tetapi kemampuan bekerja sama tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh kemampuan bekerja sama dengan teman terhadap prestasi akademik 2) Ada pengaruh bentuk tugas baik bentuk tugas kelompok maupun individu terhadap prestasi akademik 3) Ada interaksi antara kemampuan bekerja sama dengan teman terhadap bentuk tugas kelompok dan individu 4) Secara parsial kemampuan bekerja sama dengan teman dan bentuk tugas berpengaruh terhadap prestasi akademik sedangkan secara simultan bentuk tugas berpengaruh terhadap prestasi akademik tetapi kemampuan bekerja sama tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik 5) Kelas dengan bentuk tugas kelompok memiliki prestasi lebih baik dibandingkan kelas dengan bentuk tugas individu. Saran dari penelitian ini (1) Guru hendaknya menjadikan pemberian tugas kelompok sebagai salah satu alternatif penyelesaian tugas yang siap digunakan di dalam proses pembelajaran (2) Bagi peneliti lain menindaklanjuti dan mengembangkan penelitian dengan populasi dan sampel yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48107

Actions (login required)

View Item View Item