Prastanti, Dini (2009) Persepsi siswa terhadap praktisi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran produktif di SMK Cor Jesu Malang / Dini Prastanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SMK Cor Jesu Guru yang mengajar Mata Pelajaran Produktif yaitu Tata Hidang Pengolahan Makanan dan Pengolahan Kue dan Roti adalah praktisi yang bekerja di dunia industri atau hotel tetapi mengajar di sekolah kejuruan. Dimana guru yang seharusnya memiliki latar belakang pendidikan berijasah S1 akta mengajar. Maka dari itu penelitian ini ingin melihat bagaimana persepsi siswa terhadap gurunya (seorang praktisi) dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa selama proses belajar mengajar yang dilakukan oleh praktisi meliputi membuka pelajaran pembelajaran penilaian menutup pelajaran dan faktor penujang antara lain faktor sosial dan faktor kepribadian. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang didukung dengan data kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran angket kepada 60 siswa yang diambil secara acak (random) dengan mengambil 10 siswa per kelas. Setelah data diambil dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil 0.954 dengan kriteria reliabilitas soal sangat tinggi lalu selanjutnya dilakukan menganalisa dengan teknik persentase dan kemudian mentabulasinya. Hasil penelitian ini adalah praktisi atau pengajar pada mata pelajaran produktif masih belum memenuhi kualitas yang memenuhi standar atau dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap praktisi dalam tahap membuka pelajaran tahap pembelajaran penilaian menutup pelajaran kurang. Dikarenakan oleh latar belakang praktisi disana yang tidak berlatar belakang dari pendidikan sehingga praktisi kurang mampu melaksanakan proses belajar mengajar dan menyusun perangkat pembelajaran. Berdasarkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktisi dengan latar belakang bukan dari pendidikan perlu diberi pelatihan-pelatihan tentang metode kompetensi pedagogik dan professional. Bagi sekolah harus memiliki guru mata pelajaran produktif yang berlatar belakang dari pendidikan dan sebaiknya praktisi hanya membimbing siswa saat praktik atau sebagai guru tamu. Bagi guru juga harus dibekali kemampuan untuk dapat menyusun perangkat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |