Setyorini, Yetti (2009) Studi tentang pengelolaan pembelajaran kompetensi ithhbktao 1 ais (Organise and prepare food) tingkat X Program Keahlian Hotel and Restaurant di SMK Negeri 3 Malang / Yetti Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran di kelas dapat berjalan sesuai yang diharapkan apabila seorang guru dapat merencanakan melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Ketiga kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui perencanaan pelaksanaan serta evaluasi pengelolaan pembelajaran kompetensi Organise and prepare food pada tingkat X program keahlian hotel and restaurant di SMK Negeri 3 Malang. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah pengelolaan pembelajaran kompetensi Organise and prepare food. Variabel tersebut dijabarkan menjadi sub variabel sebagai berikut (1) perencanaan pembelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran (3) pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Negeri 3 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Program Studi Keahlian Hotel and Restorant yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini menggunakan lembar observasi penilaian sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa 1) Seluruh responden (100%) dalam merumuskan standar kompetensi yang ada pada RPP sangat baik 2) 100% responden dalam merumuskan kompetensi dasar masuk dalam kriteria penilaian sangat baik 3) Dalam menentukan indikator pembelajaran diperoleh bahwa tidak satupun responden yang mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 75% responden baik dan 25% hasil dari responden dinyatakan cukup baik 4) 75% responden baik dalam menentukan alokasi waktu dan 25% responden dinyatakan cukup baik 5) (100%) responden dalam merumuskan tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dasar yang ada pada RPP dan dinyatakan sangat baik 6) Dalam menentukan materi pembelajaran 83% responden mendaparkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik 7) langkah-langkah pembelajaran yang dibuat tidak satupun dari responden yang mendapatkan penilaian sangat baik sebanyak 65% responden dinyatakan masuk kriteria penilaian baik dan 33% responden dinyatakan cukup baik 8) Dalam menentukan motode dan media pembelajaran 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik 9) Dinyatakan bahwa 100% responden dalam menentukan penilaian pembelajaran selaras dengan kompetensi dasar yang ada pada RPP dan masuk kriteria sangat baik dan tidak ada satupun responden yang masuk dalam kreteria penilaian baik cukup baik dan kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran didapatkan data bahwa 1) Dalam membuka pembelajaran yang dibuat tidak satupun dari responden yang mendapatkan penilaian sangat baik sebanyak 67% responden dinyatakan masuk kriteria penilaian baik dan 33% responden dinyatakan cukup baik dan tidak satupun responden yang dinyatakan masuk kategori kurang baik. 2) Pada saat melaksanakan kegiatan inti pembelajaran 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik dan tidak ada satupun responden yang dinyatakan masuk kategori penilaian cukup baik dan kurang baik 3) Kegiatan penilaian dan refleksi pembelajaran 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik 4) Kegiatan menutup pelajaran 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik 5) Pada faktor penunjang 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik dan tidak ada satupun responden yang dinyatakan masuk kategori penilaian cukup baik dan kurang baik. Hasil evaluasi pembelajaran diperoleh data bahwa pada penilaian RPP yang telah dibuat 100% responden dalam menentukan penilaian pembelajaran selaras dengan kompetensi dasar yang ada pada RPP dinyatakan sangat baik dan tidak ada satupun responden yang masuk dalam kreteria penilaian baik cukup baik dan kurang baik. Sedangkan evaluasi penilaian pada pelaksanaan pembelajaran dinyatakan 83% responden mendapatkan kriteria penilaian sangat baik 17% responden masuk dalam penilaian baik dan tidak ada satupun responden yang dinyatakan masuk kategori penilaian cukup baik dan kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru telah melaksanakan pengelolaan pembelajaran dengan baik dari segi perencanaan pelaksanaan maupun evaluasi pembelajaran sedangkan sebagian kecil guru dalam melaksanakan pembelajaran perlu mengadakan pembenahan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan dalam pembuatan RPP maupun penggunaan media pembelajaran lebih dioptimalkan lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |