Tanggapan siswa kelas X restoran SMK Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair-Share) / Lidia Koen - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan siswa kelas X restoran SMK Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair-Share) / Lidia Koen

Koen, Lidia (2009) Tanggapan siswa kelas X restoran SMK Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair-Share) / Lidia Koen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Koen Lidia. 2009. Tanggapan Siswa Kelas X Restoran SMK Negeri 7 Malang Terhadap Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think-Pair-Share). Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Amat Nyoto. M. Pd (II) Dra. Rina Rifqie Mariana. Kata kunci Tanggapan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think-Pair-Share). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang tanggapan siswa kelas X restoran SMK Negeri 7 Malang terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share). Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau suatu fenomena yang ada. Rancangan penelitiannya adalah menyiapkan materi yang akan diterapkan membuat instrument penerapan pembelajaran pengambilan data dan menganalisis serta melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian tentang pemahaman siswa Kelas X Resto 2 SMK Negeri 7 Malang terhadap pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah sebanyak 40% memberikan tanggapan bahwa pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi antar siswa sebagai latihan hidup di dalam masyarakat nyata sebanyak 48% responden memberikan tanggapan bahwa model TPS merupakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa bisa belajar mandiri sebanyak 56% responden memberikan tanggapan bahwa pembelajaran kooperatif model TPS merupakan pembelajaran kelompok yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan bekerja sama bersosialisasi dengan teman sebanyak 48% responden memberikan tanggapan bahwa dengan pembelajaran kooperatif model TPS materi yang diterima lebih mengerti karena dapat diberikan beberapa kesempatan seperti Think-Pair-Share. Hasil penelitian tentang tanggapan siswa kelas x resto 2 SMK Negeri 7 Malang tentang pembagian kelompok diskusi dalam pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah positif karena 72% responden memberi tanggapan bahwa pembelajaran kooperatif model TPS merupakan pembelajaran dalam bentuk kelompok diskusi maka pembagian kelompok perlu dilakukan dan 80% responden memberikan tanggapan bahwa dalam pembagian kelompok guru berperan langsung dalam proses pembagian kelompok tersebut agar tidak ada rasa cemburu diantara sesama anggota kelompok. Sebanyak 64% responden tidak setuju dengan pembagian kelompok secara heterogen atau sesuai dengan jenis kelamin kemampuan akademik. Hasil penelitian tentang tanggapan siswa kelas x resto 2 SMK Negeri 7 Malang tentang materi yang diberikan dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif kodel TPS (Think-Pair-Share) adalah positif hal tersebut ditunjukan dengan sebanyak 76% responden memberikan tanggapan sebelum mengerjakan soal yang diberikan untuk didiskusikan siswa terlebih dahulu membaca dan mencermati materi agar memudahkan dalam mengerjakan soal dan 100% responden memberikan tanggapan bahwa soal yang didiskusikan sudah sesuai dengan materi yang diajarkan. Hasil penelitian tentang tanggapan siswa Kelas X resto 2 SMK Negeri 7 Malang terhadap tahap Think dalam pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah positif karena sebanyak 76% responden memberikan tanggapan positif terhadap pelaksanaan tahap Think tahap Think dilakukan agar dapat melatih diri siswa untuk memikirkan jawaban secara individu sebelum bergabung dengan anggota kelompok yang lain atau sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Hasil penelitian tentang Tanggapan siswa kelas x resto 2 SMK Negeri 7 Malang terhadap tahap Pair dalam pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah positif hal tersebut ditunjukan sebanyak 60% dalam pembelajaran kooperatif model TPS karena dengan tahap pair materi yang diberikan lebih dipahami jawaban lebih bervariasi dan menambah wawasan dari anggota kelompok yang lainnya. Hasil penelitian tentang tanggapan siswa kelas x resto 2 SMK Negeri 7 Malang terhadap tahap Share dalam pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah positif karena sebanyak 80% responden memberikan tanggapan positif terhadap tahap sharing yang dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif model TPS diskusi di depan kelas dilakukan agar bisa sharing dengan semua teman dalam kelas tidak hanya dalam kelompok tetapi dengan sharing di depan kelas maka wawasan lebih bertambah karena lebih banyak lagi masukan dari kelompok yang lain. Hasil penelitian tentang tanggapan siswa kelas x resto 2 SMK Negeri 7 Malang tentang pemberian evaluasi dan tes yang dilakukan dalam pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) adalah positif karena sebanyak 60% responden memberikan tanggapan bahwa pemberian tes tiap akhir pertemuan dilakukan agar dapat mengetahui apakah materi yang disampaikan sudah dikuasai atau belum oleh siswa dan sebanyak 80% responden memberikan tanggapan terhadap evaluasi yang dilakukan oleh guru tiap akhir pertemuan sebelum siswa diberikan tes berguna untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan dan memudahkan siswa dalam menyelesaikan tes. Untuk SMK Negeri 7 Malang disarankan agar dalam penyampian materi menggunakan variasi model pembelajaran agar siswa lebih termotivasi untuk menerima pelajaran dan dalam pelaksanaan pembelajaran sebaiknya siswa diberikan buku sebagai pegangan atau pedoman untuk siswa dalam mengikuti pelajaran. Pembelajaran kooperatif model TPS (Think-Pair-Share) perlu disosialisasikan kepada para guru dapat diterapkan pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar hal tersebut dilakukan agar dapat memacu siswa untuk belajar mandiri bersosialisasi dengan sesama teman dan menambah wawasan jika sudah berada dilingkungan masyarakat nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48096

Actions (login required)

View Item View Item