Persepsi guru SMK Negeri 7 Malang tentang program sertifikasi bagi guru / Billy Marten Antromeda - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru SMK Negeri 7 Malang tentang program sertifikasi bagi guru / Billy Marten Antromeda

Antromeda, Billy Marten (2009) Persepsi guru SMK Negeri 7 Malang tentang program sertifikasi bagi guru / Billy Marten Antromeda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antromeda Billy Marten. 2009. Persepsi Guru SMK Negeri 7 Malang Tentang Program Sertifikasi Bagi Guru. Skripsi Program Studi S1 Kependidikan Tata Boga Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Andoko S. T. M.T. (2) Dra. H. Rina Rifqie Mariana. Kata Kunci Persepsi Guru Sertifikasi SMKN 7 Malang. Program sertifikasi bagi guru merupakan program pemerintah yang sedang populer dikalangan guru. Sebagian besar guru sudah mengetahui adanya program sertifikasi ini dari berbagai sumber informasi. Informasi yang diperoleh dari masing-masing guru tersebut terdapat kemungkinan bisa menimbulkan persepsi yang berbeda pada setiap guru. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan/mendeskripsikan apaadanya berbagai persepsi guru tentang program sertifikasi guru yang meliputi profesionalitas penilaian portofolio PLPG pendidikan profesi guru dan kesejahteraan guru melalui sertifikasi. Sumber data pada penelitian ini adalah guru SMK Negeri 7 Malang yang belum tersertifikasi. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil pengisian angket dan wawancara. Hasil penelitian persepsi guru tentang program sertifikasi menunjukkan 1) sebagian besar guru SMK N 7 Malang berpersepsi positif terhadap program sertifikasi yang dapat menjadikan guru profesional 2) penilaian portofolio dipersepsi positif yaitu sudah tepat dijadikan sebagai pengukuran/pengakuan profesionalitas guru melalui penilaian 10 macam dokumen yang mencerminkan 4 kompetensi dasar guru 3) pendidikan dan pelatihan profesi guru yang merupakan tindak lanjut bagi guru yang tidak lulus penilaian portofolio dipersepsi positif dapat menjadikan guru profesional dan kompeten 4) sebagaian besar guru SMKN 7 Malang berpersepsi negatif yang menyatakan tidak setuju dengan persyaratan peserta pendidikan profesi hanyalah guru berprestasi saja dan bagi lulusan sarjana jurusan apapun dan persepsi positif diutarakan guru SMKN 7 Malang terhadap tujuan utama program sertifikasi melalui pendidikan profesi/portofolio bukan untuk mendapatkan tunjangan profesi 5) guru SMKN 7 Malang berpersepsi positif dengan menyetujui pemberian tunjangan profesi bagi guru yang telah bersertifikat dan berpersepsi negatif yang menyatakan besarnya tunjangan profesi sebesar 1 kali gaji pokok belum dapat mensejahterahkan guru 6) berdasarkan persepsi guru SMKN 7 Malang terdapat dampak positif dan negatif dari program sertifikasi guru tetapi dampak positif yang ditimbulkan lebih besar daripada dampak negatif yang muncul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48095

Actions (login required)

View Item View Item