Pengembangan bahan ajar praktikum elektronika digital berbasis strategi Training Within Industry (TWI) di SMK / Ineke Farid Baroroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar praktikum elektronika digital berbasis strategi Training Within Industry (TWI) di SMK / Ineke Farid Baroroh

Baroroh, Ineke Farid (2012) Pengembangan bahan ajar praktikum elektronika digital berbasis strategi Training Within Industry (TWI) di SMK / Ineke Farid Baroroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar praktikum elektronika digital training within industry SMK sebagai sekolah yang didesain untuk mencetak lulusan yang siap kerja tentu tidak terlepas dari pembelajaran praktik dalam proses pembelajaran-nya. Dari hasil observasi pada SMK 1 Kediri dan SMK 2 Pasuruan terdapat dua masalah dalam pembelajaran praktik yaitu (1) masih terbatasnya bahan ajar pem-belajaran praktik yang inovatif dan (2) model mengajar praktik dengan ceramah masih menjadi kebiasaan sebagian guru. Untuk memecahkan kondisi pembelajar-an tersebut perlu dikembangkan bahan ajar praktik yang inovatif dan penerapan metode pembelajaran Training Within Industry (TWI) sebagai solusi. Adapun prosedur penelitian dan pengembangannya adalah menemukan potensi masalah mengumpulkan data awal analisis data awal pembuatan desain produk validasi desain oleh ahli materi media dan bahasa revisi desain uji coba produk oleh siswa SMK dan guru praktik dan revisi produk. Jenis data yang di-peroleh dari validasi dan uji coba produk berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat dari saran subjek uji dan data kuantitatif adalah skor yang didapatkan dari hasil validasi dan uji coba. Bahan ajar yang dikembangkan berupa multimedia pembelajaran modul praktikum pegangan guru dan modul praktikum pegangan siswa. Produk berisi pokok bahasan gerbang logika dasar terdiri dari materi tentang gerbang logika AND OR NOT NAND NOR XOR XNOR FLIP-FLOP dan COUNTER. Materi-materi tersebut ditampilkan sesuai tahapan strategi TWI dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan/kemampuan psikomotorik maupun kognitif siswa tentang gerbang logika dasar. Untuk modul praktikum pegangan guru hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli bahasa memiliki tingkat validitas 91% 89% dan 75% sedangkan hasil uji coba media memiliki tingkat validitas 89%. Untuk modul praktikum pegangan siswa hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli bahasa memiliki tingkat validitas 93% 92% dan 75% sedangkan hasil uji coba media memiliki tingkat validitas 80%. Untuk multimedia pembelajaran hasil validasi ahli media memiliki tingkat validitas 89% hasil validasi ahli materi memiliki tingkat validitas 91% hasil validasi ahli bahasa memiliki tingkat validitas 75% hasil uji coba media dengan subjek coba guru memiliki tingkat validitas 98% sedangkan hasil uji coba media dengan subjek coba siswa memiliki tingkat validitas 80% sehingga berdasarkan kriteria validitas produk dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tersebut valid/tidak revisi dan tidak dilakukan uji coba ulang dari audiens. Produk yang dikembangkan masih sebatas diujicobakan dan belum di-terapkan pada pembelajaran. Untuk mengetahui efektifitas produk secara nyata perlu dilakukan penerapan pada pembelajaran praktik di suatu kelas. Dengan membandingkan capaian kelas yang menerapkan produk dan kelas yang tidak me-nerapkan produk akan bisa diketahu efektifitas dari produk itu sendiri. iv

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48091

Actions (login required)

View Item View Item