Penerapan algoritma caesar cipher pada teknologi RFID (Radio Frequency Identification) di Poliklinik Universitas Negeri Malang / Eva Dyah Aprillia

Aprillia, Eva Dyah (2019) Penerapan algoritma caesar cipher pada teknologi RFID (Radio Frequency Identification) di Poliklinik Universitas Negeri Malang / Eva Dyah Aprillia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Aprillia, Eva. Dyah. 2018. Penerapan Algoritma Caesar Cipher pada Teknologi Radio Frequency Identification(RFID) di Poliklinik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Triyanna Widiyaningtyas, S.T., M.T. (2) Ilham Ari Elbaith Zaeni, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci: Radio Frequency Identification (RFID), Poliklinik UM, Caesar Cipher Poliklinik Universitas Negeri Malang merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di Universitas Negeri Malang dalam bidang kesehatan. Pada poliklinik dibutuhkan pelayanan yang kompleks baik dari segi jumlah, jenis maupun bentuk pelayanannya. Saat ini, di Poliklinik Universitas Negeri Malang dalam proses pendaftaran pasien masih memiliki masalah dalam kecepatan pelayanan khususnya dalam proses registrasi dan antrian yang selama ini masih bersifat manual. Yaitu antrian baru akan terbentuk setelah pasien tiba di tempat. Kekurangan dari antrian ini menyebabkan setiap pasien yang berkunjung ke Poliklinik tidak mengetahui nomor berapa ia dalam antrian dan berapa lama lagi harus menunggu untuk memperoleh pemeriksaan atau pengobatan. Pada proses registrasi, pasien harus dilewati diantaranya menunggu petugas untuk mengisi formulir, penulisan pada data rekam medis dan selanjutnya pasien menerima kartu berobat. Salah satu teknologi identifikasi untuk mengatasi permasalahan pada proses pendaftaran yaitu dengan teknologi berbasis Radio Frequency Identification (RFID). RFID merupakan salah satu teknologi identifikasi yang memanfaatkan frekuensi radio yang berkembang sangat pesat. RFID untuk membantu memudahkan dalam proses login tanpa harus login berulang-ulang. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Diperoleh data sebanyak 34.571 data mahasiswa aktif. Data diolah terlebih dahulu sebelum digunakan melalui tahap preprocessing meliputi: Integrasi data, normalisasi data dan transformasi data. Tahap ini untuk mempersiapkan data sebelum diolah pada proses selanjutnya. Pada penelitian ini dilakukan pengujian untuk mengetahui kinerja jarak baca kartu RFID dan kecepatan proses enkripsi id kartu menggunakan algoritma Caesar Chiper. Berdasarkan pengujian dengan rentang jarak kartu 0-10 cm dengan masing-masing kartu 1 cm dan mendapatkan hasil 6 kartu dengan jarak 6 cm terbaca, kartu 7 sampai kartu 10 tidak dapat terbaca. Hasil pengujian untuk waktu eksekusi proses enkripsi dari 10 pasien terdaftar mendapatkan waktu eksekusi yang berbeda, pada percobaan kartu ke 1 mendapatkan waktu tercepat yaitu 1.4400482177734E-5. Validasi yang dilakukan kepada ahli algoritma dan pengguna didapatkan data hasil uji coba sebagai berikut. Ahli algoritma dengan validasi kesesuaian valid, reliabilitas valid dan efisiensi valid. User dengan validasi aspek rekayasa perangkat lunak valid, komunikasi visual valid dan penyajian informasi valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48083

Actions (login required)

View Item View Item