Keefektifan metode "turn the arrow" dengan pembelajaran bahasa inggris di Paud Kusuma Mulya desa Gadungan kecamatan Puncu kabupaten Kediri / Tri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan metode "turn the arrow" dengan pembelajaran bahasa inggris di Paud Kusuma Mulya desa Gadungan kecamatan Puncu kabupaten Kediri / Tri Wahyuni

Wahyuni, Tri (2010) Keefektifan metode "turn the arrow" dengan pembelajaran bahasa inggris di Paud Kusuma Mulya desa Gadungan kecamatan Puncu kabupaten Kediri / Tri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Tri. 2010. Keefektifan Metode Turn The Arrow dengan Pembelajaran Bahasa Inggris di PAUD Kusuma Mulya Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Skripsi Program Pendidikan Luar Sekolah. FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd Pembimbing (II) Ellin Sugeng Desyanti M.Pd Kata kunci Keefektifan Metode Turn The Arrow Pembelajaran Bahasa Inggris dan Pendidikan Anak Usia Dini Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran Bahasa Inggris secara konvensional proses pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan metode turn the arrow hasil pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan metode konvensianal hasil pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode turn the arrow perbedaan hasil belajar menggunakan metode turn the arrow dengan metode konvensional. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel sebagai bahan penelitian yaitu Metode Klasik sebagai variabel bebas 1 (X1) Metode Turn The Arrow sebagai variabel bebas 2 (X2) dan kemampuan menghafal sebagai variabel terikat (Y). Penelitian dilakukan bulan oktober sampai november 2009. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional pada PAUD Kusuma Mulya menunjukkan bahwa peserta didik yang mendapatkan nilai 1 sebanyak 6 7% dengan jumlah frekuensi 2 anak. Sebanyak 3 3% dengan jumlah frekuensi 1 anak mendapatkan nilai 2. Sedangkan sebanyak 20% dengan jumlah frekuensi 6 anak mendapatkan nilai 4 6 dan 7. Dan sebanyak 13 3% dengan jumlah frekuensi 4 anak mendapatkan nilai 5. Serta sebanyak 16 7% dengan jumlah frekuensi 5 anak mendapatkan nilai 8. Dari penghitungan mean diperoleh mean sebesar 5 53. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode turn the arrow pada PAUD Kusuma Mulya menunjukkan bahwa peserta didik yang mendapatkan nilai 2 sebanyak 10 0% dengan jumlah frekuensi 3 anak. Sebanyak 6 7% dengan jumlah frekuensi 2 anak mendapatkan nilai 3 dan 6. Sedangkan sebanyak 3 3% dengan jumlah frekuensi 1 anak mendapatkan nilai 4. Dan sebanyak 23 3% dengan jumlah frekuensi 7 anak mendapatkan nilai 5. Serta sebanyak 16 7% dengan jumlah frekuensi 5 anak mendapatkan nilai 7. Sebanyak 33 3 dengan jumlah frekuensi 10 anak mendapatkan nilai 9. Dari penghitungan mean diperoleh mean sebesar 6 27. Kemampuan anak didik terutama kemampuan berbahasa di dalam kelas tidak berbeda. Uji hipotesis menunjukkan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil metode pembelajaran bahasa Inggris di PAUD Kusuma Mulya yang menggunakan metode konvensional dengan metode turn the arrow. Untuk menentukan kriteria penolakan H0 digunakan taraf signifikan 5% dengan N sebanyak 30 diperoleh Ftab 4 183. Dari hasil perhitungan uji Fhit 0 989 pada taraf signifikan 5% maka Ftab 4 183 dengan demikian Fhit Ftab.. Dengan kata lain pada taraf signifikan 5% hipotesis alternatif (H0) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil metode pembelajaran bahasa Inggris di PAUD Kusuma Mulya yang menggunakan metode konvensional dengan metode turn the arrow. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan para pendidik kelompok bermain hendaknya memahami pendidikan untuk anak usia dini. Karena masa anak-anak adalah masa emas dalam perkembangan individu yang akan menjadi pondasi untuk kehidupan di masa mendatang. Seperti halnya pendidik kelompok bermain para orang tua hendaknya juga banyak mempelajari perkembangan dan pendidikan untuk anak-anak. Karena sebagian besar waktu anak dihabiskan bersama keluarganya. Peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi inspirasi untuk penelitian-penelitian lain mengenai pendidikan anak usia dini khususnya mengenai metode pengajaran bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item