Astuti, Indri (2018) Perancangan algoritma topsis-improved rule matching untuk analisis keamanan berkendara menggunakan sepeda motor matic / Indri Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Astuti Indri. 2018. Perancangan Algoritma Topsis-Improved Rule Matching Untuk Analisis Keamanan Berkendara Menggunakan Sepeda Motor Matic. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Eng. Siti Sendari S.T. M.T. (II) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. Kata Kunci Perancangan Topsis-Improved Rule Matching analisis keamanan berkendara motor matic Keamanan berkendara (safety riding) merupakan upaya yang memerlukan beberapa faktor pembentuk perilaku berkendara dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kewaspadaan dengan meningkatnya kewaspadaan terhadap keselamatan diharapkan dapat mengubah perilaku pengendara dari mengabaikan keselamatan menjadi perilaku mengutamakan keselamatan sehingga kecelakaan lalu lintas di jalan raya dapat berkurang. Salah satu faktor yang mendasari seseorang untuk berperilaku lebih baik dalam berkendara di jalan raya adalah pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan tentang kriteria dan batasan dalam keamanan berkendara serta peraturan lalu lintas yang bertujuan untuk menghindarkan pengendara dari berperilaku tidak aman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keamanan berkendara menggunakan sepeda motor matic yang dirancang dengan algoritma TOPSIS-improved rule matching. Hal ini ditinjau dari parameter kecepatan pengendara kemiringan motor saat menikung waktu tempuh dan jarak motor pengendara dengan kendaraan di depannya. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan TOPSIS- improved rule matching dan pengujian simulasi safety riding kemudian dilakukan akurasi hasil perbandingan dari keduanya. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap perancangan TOPSIS-improved rule matching kemudian dilanjutkan pengujian simulasi safety riding. Pada perancangan TOPSIS-improved rule matching dilakukan perhitungan atas nilai preferensi (V) atau kedekatan relatif terhadap solusi ideal serta pencocokan rule match dengan 4 parameter yaitu kecepatan pengendara kemiringan motor saat menikung waktu tempuh dan jarak motor pengendara dengan kendaraan di depannya. Dari hasil perancangan TOPSIS-improved rule matching ditentukan hasil analisis perilaku berkendara yaitu aman berbahaya dan sangat berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TOPSIS-improved rule matching mampu menganalisis keamanan berkendara. Akurasi hasil pengujian manual yang dikomparasikan dengan hasil pengujian pada sistem adalah sebesar 90%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48072 |
Actions (login required)
View Item |