Pengembangan media berbasis mobile learning pada mapel simulasi dan komunikasi digital bermuatan learning cycle 7E pada siswa Jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan / Nidya Hanggraini

Hanggraini, Nidya (2018) Pengembangan media berbasis mobile learning pada mapel simulasi dan komunikasi digital bermuatan learning cycle 7E pada siswa Jurusan Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan / Nidya Hanggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Hanggraini, Nidya. 2018. Pengembangan Media Berbasis Mobile Learning Pada Mapel Simulasi dan Komunikasi Digital Bermuatan Learning Cycle 7E Pada Siswa Jurusan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan, Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Dr. Hakkun Elmunsyah, M.T., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng., Kata Kunci: Media Mobile Learning, Simulasi dan Komunikasi Digital, Learning Cycle 7E . Media pendidikan dalam proses pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dipakai untuk menyalurkan materi atau pesan dari pendidik kepada peserta didik. Media pendidikan dapat membantu peserta didik untuk dapat lebih merangsang pikiran, perasaan dan perhatian peserta didik serta memudahkan dalam menyerap materi yang diajarkan. Mengacu pada kurikulum 2013 revisi 2017, mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 10 Malang belum memiliki media ajar yang digunakan. Media ajar yang digunakan oleh guru adalah bahan ajar dari internet yang dicari berdasarkan materi pokok di silabus dan menyampaikannya menggunakan media power point. Tujuan dari pengembangan media ajar ini adalah untuk mengetahui gambaran media ajar berbasis mobile pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital, mengembangkan media ajar berbasis mobile bermuatan learning cycle 7E yang sesuai dengan silabus pada Kurikulum 2013 (Revisi 2017), dan menguji kelayakan media ajar oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 10 Malang. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan ini meliputi 10 langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) roduk massal. Validasi ahli dilakukan dengan ahli materi dan ahli media. Ujicoba kelompok dilakukan dalam 2 jenis kelompok yaitu ujicoba kelompok kecil sebanyak 15 siswa dan uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase validitas menurut ahli materi sebesar 92.86% dan persentase validitas menurut ahli media sebesar 88.54%. Sedangkan untuk ujicoba kelompok, diperoleh persentase hasil ujicoba kelompok kecil sebesar 87.73% dan ujicoba kelompok besar sebesar 88.18%. Berdasarkan hasil tersebut, maka secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar basis data ini sangat valid dan layak digunakan dengan persentase rata-rata sebesar 89.33% tanpa perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48069

Actions (login required)

View Item View Item