Penggunaan metode arima untuk prediksi jumlah penumpang kereta api Kota Malang / Adiba Qonita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode arima untuk prediksi jumlah penumpang kereta api Kota Malang / Adiba Qonita

Qonita, Adiba (2018) Penggunaan metode arima untuk prediksi jumlah penumpang kereta api Kota Malang / Adiba Qonita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qonita Adiba. 2018. Penggunaan Metode ARIMA untuk Prediksi Jumlah Penumpang Kereta Api Kota Malang. Skripsi Program studi S1 Teknik Informatika Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muladi S.T. M.T. dan Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. Kata Kunci ARIMA Prediksi Penumpang Kereta Api Data Mining Saat ini kereta api telah menjadi salah satu transportasi yang diminati oleh masyarakat untuk menempuh perjalanan jarak menengah dan jauh terutama di saat masa liburan. Pada masa liburan jumlah penumpang kereta api sulit untuk diperkirakan. Hal tersebut dapat mengakibatkan adanya lonjakan jumlah penumpang yang mengharuskan pihak PT. KAI (Persero) mengambil tindakan dengan menambahkan keberangkatan kereta api. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang perlu dilakukan prediksi jumlah penumpang. Dengan memanfaat teknologi untuk mengenali pola trend perubahan jumlah penumpang di setiap harinya maka diharapkan dapat diketahui jumlah penumpang yang akan datang sehingga PT. KAI mampu melakukan upaya dengan mempersiapkan jumlah armada yang akan dibutuhkan. Penelitian ini melakukan prediksi menggunakan metode ARIMA yang mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi dalam peramalan jangka pendek serta mampu menghadapi fluktuasi data musiman. Hasil prediksi pada dataset jumlah penumpang kereta api dari Kota Malang menghasilkan nilai MAE sebesar 1 37409 dan nilai RMSE sebesar 2 3933. Sedangkan hasil prediksi pada dataset jumlah penumpang kereta api tujuan ke Kota Malang menghasilnkan nilai MAE sebesar 2 48417 dan nilai RMSE sebesar 1 5761. Dari hasil uji akurasi menggunakan MAE dan RMSE dapat disimpulkan bahwa metode ARIMA layak digunakan untuk prediksi jumlah penumpang kereta api Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48067

Actions (login required)

View Item View Item