Pengembangan aplikasi Dynamic MBT (Mobile Braille Touch) pada penyandang tuna netra menggunakan pendekatan UX (User Experiences) / Rony Aldhea Dwi Cahya

Cahya, Rony Aldhea Dwi (2018) Pengembangan aplikasi Dynamic MBT (Mobile Braille Touch) pada penyandang tuna netra menggunakan pendekatan UX (User Experiences) / Rony Aldhea Dwi Cahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahya, Rony A.D. 2018. Pengembangan Aplikasi Dynamic MBT (Mobile Braille Touch) pada Penyandang Tuna Netra Menggunakan Pendekatan UX (User Experiences). Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T., (II) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.T., Ph.D. Kata Kunci : Tuna Netra, Virtual Braille Keyboard, User Experiences Pembelajaran baca tulis braille yang telah dikembangkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitas Sosial dan Cacat Netra Malang menggunakan media smartphone adalah Aplikasi Mobile Braille Touch (MBT). Aplikasi ini didesain sesuai kebutuhan penyandang tunanetra dengan tambahan berupa desain Virtual Braille Keyboard (VBK) sebagai input. Fungsi lain untuk membantu menulis menggunakan VBK yaitu tombol spasi, enter, dan delete. Desain VBK dan tombol bantuan menulis terletak pada matriks 3x3 dengan rincian kolom pertama dan ketiga merupakan letak dari VBK. Kolom kedua diletakkan tombol bantuan menulis. Tombol pada VBK ini bersifat static, maka dari itu disebut sebagai static dot braille. Hasil uji pendahuluan melalui tes aplikasi kepada siswa dan wawancara kepada pengajar, terdapat dua masalah dalam penggunaan MBT. Pertama, ketidaknyamanan posisi tangan saat menggunakan tombol VBK dikarenakan tombol ini bersifat static. Kedua, ukuran tombol bantuan menulis seperti spasi, enter, dan backspace yang sulit digunakan. Oleh karena itu, aplikasi Mobile Braille Touch (MBT) selanjutnya dikembangkan berdasarkan pendekatan User Experiences (UX) sesuai dengan kebutuhan pengguna (User Needs). Pengembangan aplikasi selanjutnya dinamakan Dynamic MBT (Mobile Braille Touch). Pengembangan ini menggunakan pendekatan UX dengan mengadopsi model Double Diamond. Metode ini terdiri dari (1) Discover, (2) Define, (3) Develop, dan (4) Delivery. Pada tahapan Delivery, dilakukan pengujian usability dan pengukuran text entry evaluation terhadap desain Virtual Braille Keyboard. Hasil pengujian usability menggunakan Usability Test tipe Comparative Test, rata ÔÇô rata tujuh komponen dari Quality in Use Measurement (QUIM) yaitu Efficiency, Effectiveness, Satisfaction, Productivity Safety. Trustfullnes,dan Accessibility menyatakan Dynamic MBT lebih baik dari MBT. Sedangkan rata-rata kedua komponen yang lain yaitu Learnability,Usefullness menyatakan kedua aplikasi memiliki hasil yang sama. Serta rata-rata dari satu komponen yaitu Universality menyatakan MBT lebih baik dari Dynamic MBT. Hasil rata-rata Word Per Minute (WPM) pada aplikasi Dynamic MBT mengalami peningkatan sebesar 0.25 dibandingkan dengan aplikasi MBT. Hasil rata-rata Minimum String Distance (MSD) dan MSD Error Rate pada aplikasi Dynamic MBT mengalami penurunan sebesar 0.1 dan 21 % dibandingkan dengan aplikasi MBT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:29
Last Modified: 03 Oct 2019 02:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48065

Actions (login required)

View Item View Item