Implementasi teorema Bayes untuk manajemen antrian berprioritas di Poliklinik Universitas Negeri Malang / Dewi Christi Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi teorema Bayes untuk manajemen antrian berprioritas di Poliklinik Universitas Negeri Malang / Dewi Christi Yuliani

Yuliani, Dewi Christi (2018) Implementasi teorema Bayes untuk manajemen antrian berprioritas di Poliklinik Universitas Negeri Malang / Dewi Christi Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

1 RINGKASAN Yuliani Dewi Christi. 2018. Implementasi Teorema Bayes untuk Manajemen Antrian Berprioritas di Poliklinik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) M. Zainal Arifin S.Si. M.Kom. (2) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata kunci Antrian Prioritas Teorema Bayes Suatu antrian terjadi karena tingkat kebutuhan layanan melebihi kemampuan server karenanya manajemen antrian diperlukan guna meningkatkan kualitas layanan dan memperkecil biaya antrian. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti Poliklinik Universitas Negeri Malang (UM) telah menerapkan sistem antrian dengan baik akan tetapi Poliklinik UM masih menggunakan cara manual yaitu antrian baru akan terbentuk setelah pasien tiba di tempat. Kekurangan dari manajemen antrian ini menyebabkan setiap pasien yang berkunjung ke Poliklinik tidak mengetahui nomor berapa ia dalam antrian dan berapa lama lagi harus menunggu untuk memperoleh pemeriksaan dan/atau pengobatan. Selain kurangnya dalam manajemen waktu antrian metode antrian yang diterapkan yaitu First Come First Served dengan Priority Service masih belum maksimal. Oleh karena itu peneliti memiliki tujuan untuk membuat aplikasi antrian berprioritas. Dari hasil studi pustaka peneliti memilih Teorema Bayes sebagai algoritma yang digunakan pada sistem pendukung keputusan sistem antrian yang dikembangkan guna memberikan prioritas. Aplikasi pengembangan ini dibuat berbasis website sehingga dapat diakses online dimanapun untuk mendapatkan nomor antrian. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall. Penentuan prioritas dilakukan dengan pemberian bobot nilai pada tiap parameter (ada-tidaknya alat bantu tingkat gejala penyakit yang dirasakan pasien dan usia pasien). Selain mendapatkan nomor antrian pasien juga akan memperoleh waktu sebagai pemberitahuan estimasi jam pelayanan yang akan ia terima. Produk akhir yang dihasilkan divalidasi oleh ahli perangkat lunak dan ahli algoritma. Uji coba website dilakukan pada 46 pasien Poliklinik UM selama 5 hari dan uji akurasi dilakukan oleh dokter dengan instrumen yang digunakan adalah angket. Setelah dilakukan analisis data hasil pengembangan website antrian memiliki tingkat validasi 100% dari ahli dan 99 87% dari pasien. Sementara akurasi teorema dinilai oleh pakar yaitu seorang dokter dengan penilaiannya adalah 75%. Secara keseluruhan website hasil pengembangan peneliti adalah valid dan dapat digunakan. Namun demikian masih perlu dikembangkan lagi dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam untuk penentuan parameter prioritas dan durasi seorang pasien dalam sistem antrian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48057

Actions (login required)

View Item View Item