Hubungan antara literasi belajar TIK dan pola belajar TIK teradap kompetensi belajar TIK di kelas pada siswa kelas X Jurusan TIK SMKN Pasuruan / Sobri Efendi Purbaya

Purbaya, Sobri Efendi (2018) Hubungan antara literasi belajar TIK dan pola belajar TIK teradap kompetensi belajar TIK di kelas pada siswa kelas X Jurusan TIK SMKN Pasuruan / Sobri Efendi Purbaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sobri Efendi Purbaya. 2017. Hubungan antara literasi belajar TIK dan pola belajar terhadap kompetensi Belajar TIK di kelas pada siswa X jurusan TKJ SMKN pasuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dwi Prihanto,S.S.T.,M,Pd. (2) I Made Wirawan, ST.,S,S.T.,M.T. Kata Kunci: hubungan antara literasi belajar TIK, pola belajar, kompetensi belajar TIK Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: (1).Mendeskripsikan: (a) literasi belajar TIK; (b) pola belajar TIK dan; (c) kompetensi belajar TIK pada siswa-siswa kelas X jurusan TKJ SMKN Pasuruan, (2). Mengungkap signifikansi hubungan antara literasi belajar TIK terhadap kompetensi dalam mata pelajaran TIK pada siswa-siswa kelas X jurusan TKJ SMKN Pasuruan, (3). Mengungkap signifikansi hubungan antara pola belajar TIK terhadap kompetensi belajar TIK pada siswa-siswa kelas X jurusan TKJ SMKN Pasuruan, (4).Mengungkap signifikansi secara simultan antara literasi belajar TIK dan pola belajar TIK terhadap kompetensi belajar TIK pada siswa-siswa kelas X jurusan TKJ SMKN Pasuruan. Penelitian ini menggunakan desain ex-postfacto dengan penelitian deskripsi korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri1 Pasuruan dan SMK Negeri 2 Pasuruan. Sempel pada penelitian ini sebanyak 133 yang terdiri dari 3 kelas yaitu pada SMK negeri 1 Pasuruan dan 1 kelas pada SMK Negeri 2 Pasuruan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diberikan pada siswa. Pada penelitian ini variabel yang digunakan adalah literasi belajar TIK, pola belajar TIK, dan kompetensi belajar TIK. Instrumen penelitian ini berupa penyusunan instrumen, uji coba instrumen. Analisis data yang digunakan yaitu (a) deskripsi informasi peneliti, (b.) uji prasyarat analisis. Di kelompokan berdasarkan kompetensi belajar, nilai tertinggi adalah 118 nilai terendah 76 dari butir soal yaitu 30 item, di ketahui bahwa Literasi belajar TIK yaitu 100,5. Termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan dengan acuan nilai pola belajar TIK nilai tertinggi 28 dan nilai terendah 18 dari butur soal yaitu 30 item. Termasuk dalam kategori tinggi. Dan berdasarkan perhitungan antar variabel nilai tertingggi yaitu 95 dan terendah 80. Berdasarkan rumus dapat di ketahui bahwa jumlah variabel 3,75 dengan sebaran data, termasuk saling berhubungan. Hasil uji persyaratan analisi yang di lakukan untuk meneliti atau mengelompokan suatu variabel apakah data tersebut normal atau tidak. Dari hasil penelitian yang sudah di lakukan. Dapat di nyatakan X1, X2, dan Y memiliki hubungan yang linear. Dikarenkan probabilitas <0,005 maka ada hubungan yang linier antara ketiga variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48050

Actions (login required)

View Item View Item