Peran orangtua murid dalam pembelajaran anak usia dini dengan pendekatan BCCT (studi kasus kelompok bermain Tiara Bangsa Jl. Puncak Jaya No. 2 Malang) / Mamik Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran orangtua murid dalam pembelajaran anak usia dini dengan pendekatan BCCT (studi kasus kelompok bermain Tiara Bangsa Jl. Puncak Jaya No. 2 Malang) / Mamik Yuniarti

Yuniarti, Mamik (2010) Peran orangtua murid dalam pembelajaran anak usia dini dengan pendekatan BCCT (studi kasus kelompok bermain Tiara Bangsa Jl. Puncak Jaya No. 2 Malang) / Mamik Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniarti Mamik. 2009. Peran Orangtua Murid dalam Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan BCCT (Studi Kasus Kelompok Bermain Tiara Bangsa Jl. Puncak Jaya No.2 Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M.Pd (II)Ellyn Sugeng Desyanti S.Pd M.Pd Kata Kunci Peran Orang tua pembelajaran Anak Usia Dini Pendekatan BCCT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua murid KB Tiara Bangsa dalam pembelajaran Anak Usia Dini dengan pendekatan BCCT. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode angket observasi dan hasil studi dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik deskriptif untuk data yang diperoleh dari observasi dan teknik prosentase untuk data angket. Hasil penelitian sebagai berikut metode BCCT adalah adalah suatu metode atau pendekatan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (kecerdasan jamak) melalui kegiatan bermain yang terarah. Peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran anak adalah melalui tambahan belajar di rumah dengan mengulang pelajaran yang diajarkan di sekolah mengajarkan kemandirian dan menciptakan lingkungan belajar yang baik. Saran yang dapat dikemukakan adalah bagi pendidik di KB Tiara Bangsa (1) perlu dikembangkan lagi metode pembelajaran yang dirasakan sebagai faktor penghambat karena terlalu monoton sehingga dapat menghidupkan suasana di dalam kelas dan menarik minat anak (2) penggunaan media sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi harus lebih disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan sehingga materi dapat mengena pada anak.Bagi orang tua murid KB Tiara Bangsa (1) orang tua hendaknya memahami bahwa dunia anak adalah dunia bermain sehingga mereka hendaknya tidak memaksakan anaknya untuk duduk tenang dan belajar. Tetapi orang tua dapat mengajak anaknya dengan bermain sehingga lebih menarik minat anak dan menyenangkan (2) kerjasama yang telah terjalin dengan baik perlu ditingkatkan lagi sehinggaorang tua lebih memahami perkembangan anak tidak hanya di rumah tetapi juga di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item