Pengembangan media pembelajaran interaktif pemrograman berorientasi objek bermuatan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Nafa Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pemrograman berorientasi objek bermuatan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Nafa Zulfa

Zulfa, Nafa (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif pemrograman berorientasi objek bermuatan model pembelajaran teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI RPL SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang / Nafa Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zulfa Nafa. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pemrograman Berorientasi Objek Bermuatan Model Pembelajaran Teams Games Torunaments untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Singosari Kabupaten Malang Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd. (II) Utomo Pujianto S.Kom. M.Kom. Kata Kunci media pembelajaran interaktif pemrograman berorientasi objek teams games tournaments hasil belajar Berdasarkan observasi awal di SMKN 2 Singosari khususnya penerapan kurikulum 2013 mata pelajaran pemrograman berorientasi objek kelas XI memiliki beberapa masalah. Masalah utama yang ada adalah kurang dari setengah jumlah siswa di kelas yang mencapai nilai KKM. Berdasarkan permasalahan yang ada maka media pembelajaran interaktif bermuatan model pembelajaran teams games tournaments dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI. Program media pembelajaran interaktif ini dirancang menggunakan beberapa bahasa pemrograman yaitu HTML5 javascript dan php dengan framework angularjs dan codeigniter serta menggunakan database mysql. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif yang mengadopsi model ADDIE yang meliputi (a) analisis (b) desain (c) pengembangan (d) implementasi dan (e) evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dan wawancara. Teknik tersebut digunakan untuk mengumpulkan data mengenai penilaian dan tanggapan ahli 1 dan ahli 2 serta untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI RPL. Evaluasi penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil angket siswa ahli nilai pre-test dan post-test. Uji coba dilaksanakan selama bulan April. Ahli 1 memvalidasi media dengan hasil persentase 90 39%. Ahli 2 memvalidasi materi dengan hasil persentase 95 24%. Angket siswa mendapat hasil persentase 85 96%. Penerapan media menghasilkan peningkatan nilai dari pre-test ke post-test sebesar 49 71%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48049

Actions (login required)

View Item View Item