Pengembangan sistem pendukung keputusan pemilihan dosen pembimbing skripsi dengan metode TOPSIS di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika / Tantri Hari Mukti

Mukti, Tantri Hari (2018) Pengembangan sistem pendukung keputusan pemilihan dosen pembimbing skripsi dengan metode TOPSIS di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika / Tantri Hari Mukti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mukti, Tantri Hari.2017. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Pembimbing Skripsi dengan metode TOPSIS di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara, M.Pd. (2) Aji Prasetya Wibawa, S.T., M.M.T., Ph.D. Kata Kunci: Sistem Informasi, Pemilihan Dosen Pembimbing, Sistem Pendukung Keputusan Salah satu syarat untuk lulus dari program Sarjana adalah setiap mahasiswa harus membuat skripsi. Mahasiswa didampingi oleh dosen dalam menyelesaikan skripsi. Komunikasi antara mahasiswa dan dosen pembimbing sangat penting. Kurangnya komunikasi diantara mereka akan berdampak negatif, salah satunya adalah mahasiswa kurang percaya diri untuk melakukan bimbingan skripsi. Saat ini penunjukan pembimbing skripsi di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang ditangani oleh KBK(Kelompok Bidang Keahlian) dan Koordinator Program Studi dimana mahasiswa mengajukan sebuah judul skripsi kepada KBK, apabila KBK menyetujui judul tersebut akan direkomendasikan ke Korprodi dan menunjuk dua orang dosen pembimbing yang sesuai dengan judul skripsi yang telah diterima. Penentuan dosen pembimbing skripsi yang sekarang dilakukan oleh KBK dan Korprodi mempunyai keterbatasan yaitu dengan sekian banyak jumlah mahasiswa beserta judul yang diajukannya, Korprodi akan kesulitan memilah dosen yang sesuai dengan judul masing-masing mahasiswa. Selain itu KBK dan Korprodi membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan banyaknya antrian dalam pengajuan dosen pembimbing. Korprodipun tidak sembarangan memutuskan dosen pembimbing yang sesuai, ada banyak faktor yang harus diperhitungkan matang-matang. Ada dua tujuan pada penelitian ini. Tujuan pertama adalah merancang sistem pendukung keputusan menggunakan metode TOPSIS untuk memberikan rekomendasi dosen pembimbing yang sesuai bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika. Tujuan yang kedua adalah menguji keberhasilan jalannya sistem, tingkat akurasi dan efektifitas sistem dalam memberikan keputusan dibanding dengan pengambilan keputusan tanpa alat bantu. Dengan adanya SPK pemilihan dosen pembimbing skripsi diharapkan dapat membantu Korprodi dalam menentukan pembimbing pertama dan pembimbing kedua dalam skripsi setiap mahasiswa. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian menggunakan model pengembangan waterfall. Model pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan, yaitu: (1) analisis kebutuhan sistem, (2) desain sistem dan perangkat lunak, (3) impelentasi dan pengujian unit, (4) integrasi dan pengujian sistem, (5) penerapan dan perawatan produk. Hasil akhir dari produk ini adalah sistem pendukung keputusan pemilihan dosen pembimbing untuk memberikan sugesti atau saran kepada Korprodi untuk memilih dosen pembimbing yang sesuai untuk para mahasiswa yang mengajukan judul skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48047

Actions (login required)

View Item View Item