Pengembangan modul pencarian kesalahan pada komputer berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran perakitan komputer untuk siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Eka Dharma Lutfiyanto Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pencarian kesalahan pada komputer berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran perakitan komputer untuk siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Eka Dharma Lutfiyanto Putra

Putra, Eka Dharma Lutfiyanto (2017) Pengembangan modul pencarian kesalahan pada komputer berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran perakitan komputer untuk siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 12 Malang / Eka Dharma Lutfiyanto Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lutfiyanto Putra Eka Dharma 2017. Pengembangan Modul Pencarian Kesalahan pada Komputer Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer untuk Siswa Kelas X TKJ Di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran perakitan komputer Perakitan komputer merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar. Salah satu materi yang harus dikuasai adalah tentang pencarian kesalahan pada komputer. Topik materi pembelajaran ini menekankan pada penyebab-penyebab serta cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada komputer. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada kelas X paket keahlian TKJ SMK Negeri 12 Malang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada materi pencarian kesalahan komputer menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Tidak seperti pada materi yang lain yang melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berupa modul. Hal ini karena kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran pada materi pencarian kesalahan pada komputer. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model dari Thiagarajan yang meliputi tahap define atau langkah awal untuk menetapkan dan menjelaskan tentang kebutuhan sehingga perlu dilakukan suatu penelitian pengembangan design atau pembuatan purwarupa bahan ajar develop atau memodifikasi purwarupa bahan ajar sebelum dijadikan design final dan disseminate atau menyebar luaskan setelah adanya evaluasi sumatif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan instrumen angket didapat persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 96% hasil validasi oleh ahli materi sebesar 88% hasil uji coba kelompok kecil sebesar 92% dan hasil uji coba lapangan sebesar 85%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul pembelajaran berupa modul pembelajaran pencarian kesalahan pada komputer secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Media dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan media belajar mandiri bagi siswa. ABSTRACT Lutfiyanto Putra Eka Dharma 2017. Development Module Computer Troubleshooting with Based Method (PBL) on Computer Assembly Objects for 10th grade TKJ in SMK Negeri 12 Malang. Undergraduate thesis Undergraduate Information System Education Engineering Studies Program Department of electrical engineering Faculty of Engineering State University of Malang Advicer (1) Drs. Dwi Prihanto S.S.T. M.Pd (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom Keywords development learning modules computer assembly Computer assembly is one of the most basic lesson for. One of the materials that student must be knowing well is about searching for errors on the computer. This topic of learning material emphasizes the causes and ways to solve the problems that occur on the computer. Based on the results of observations and interviews to 10th grade s student on SMK Negeri 12 Malang learning activities undertaken by teachers on computer error search materials using lecture methods and assignments. Unlike in other materials that do learning using learning media in the form of modules. This is due to the lack of teaching materials used in learning on error-finding material on the computer. Model research and development use is a model from Thiagarajan which includes the define or the first step to setting and explain that needs to be done a research development design or making for a material lessons develop or modifying before its final and disseminate or spread that material lessons after the evaluation summative. Based on the results of data analysis was performed using a questionnaire instrument percentage of validation results obtained by media experts is 96 % 88 % for the results of the validation by experts material 92 % for the test results of small groups and 85 % for the results of field trials. From the analysis of the data it can be concluded that the teaching materials in the form of learning modules overall printed is declared eligible / invalid . The media can be used as a supplement learning and self-learning media for students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48045

Actions (login required)

View Item View Item