Tyas, Dyah Ayu Langening (2017) Pengembangan bahan ajar berupa modul interaktif pada mata pelajaran simulasi digital kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Pasuruan / Dyah Ayu Langening Tyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Langening Tyas Dyah Ayu. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul InteraktifPada Mata PelajaranSimulasi Digital Kelas X JurusanTeknikKomputer Dan JaringanSMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi. PendidikanTeknikInformatika. JurusanTeknikElektro. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. PugerHonggowiyono M.T. (II) DidikDwiPrasetya S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan bahan ajar modulinteraktif simulasi digital Mata pelajaran Simulasi Digital merupakan mata pelajaran yang baru diterapkan pada kurikulum 2013. Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat mengkomunikasikan gagasan atau konsep ke dalam bentuk digital dan termasuk ke dalam ranah C2 (pemahaman) dalam K13.Namun saat ini di SMK Negeri 1 Pasuruan jurusan TKJ belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Proses pembelajaran saat ini hanya menggunakan LCD dan proyektor kemudian guru memberikan ceramah di depan kelas sehingga membuat siswa cepat bosan dan tidak memenuhi syarat pemahaman yang diharapkan. Hal tersebut menyebabkan hanya 5% siswa yang mendapatkan nilai sesuai KKM. Di samping itu mata pelajaran ini banyak membutuhkan video tutorial dan penjelasan sebagai pendukung langkah-langkah praktik yang disampaikan di uraian materi agar siswa lebih mudah memahami tujuan pembelajaran. Maka dari itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat mengakomodasi kebutuhan siswa akan media pembelajaran yang didalamnya terdapat fitur interaktif berupa video tutorial dan video penjelasan. Model pengembanganbahan ajar yang digunakanyaitu model penelitiandanpengembanganmodulPustekkomDepdiknas (PusatTeknologiInformasidanKomunikasiDepartemenPendidikan Nasional). Model pengembanganPustekkomDepdiknasterdiridari 7 tahapan yaitu (1) BedahKurikulum (2) Identifikasi Media (3) PengembanganNaskah (4) Produksi (5) Penyempurnaan (6) UjiCoba (7) Revisi. Instrumenpengumpulan data menggunakanangketuntukvalidator dansubjekujicobasertapemberian pre test dan post testsebagai data dukung untuk mengetahui efektivitas modul ketika digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada penelitian didapatkan hasil 1) hasil review ahli materi sebesar 98% yang tergolong sangat valid 2) hasil review ahli media sebesar 98% yang tergolong sangat valid 3) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 91 2% yang tergolong sangat valid 4) hasil uji coba kelompok besar sebesar 92 5% yang tergolong sangat valid 5) selisih kenaikan hasil pretest dan post test kelompok kecil sebesar 48 3 poin dan 6) selisih kenaikan hasil pretest dan post test kelompok besar sebesar 46 4 poin. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan termasuk sangat valid dan layak digunakan untuk pembelajaran Simulasi Digital baik dari segi materi media maupun efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48044 |
Actions (login required)
View Item |