Perbedaan hasil belajar mata pelajaran produktif perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jigsaw pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X di SMK Negeri 11 Malang / Cahyaning Pininta Kustia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar mata pelajaran produktif perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jigsaw pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X di SMK Negeri 11 Malang / Cahyaning Pininta Kustia

Kustia, Cahyaning Pininta (2016) Perbedaan hasil belajar mata pelajaran produktif perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan jigsaw pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan kelas X di SMK Negeri 11 Malang / Cahyaning Pininta Kustia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kustia Cahyaning Pininta. 2016. Perbedaan Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dengan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Perakitan Komputer Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Kelas X di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. (2)Yuni Rachmawati S.T. M.T. Kata kunci Hasil Belajar Student Teams Achivement Division (STAD) Jigsaw Perakitan Komputer. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMKN 11 Malang kelas X program keahlian Teknik Komputer Jaringan proses pembelajaran yang terjadi adalah sebagai berikut (1) semua materi disampaikan oleh guru sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama (2) siswa kurang memiliki rasa tanggungjawab pada proses diskusi (3) siswa bergantung pada anggota kelompoknya (4) siswa tidak mampu memahami materi yang cukup banyak (5) hasil belajar siswa rendah. Karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya rasa tanggungjawab siswa dalam kegiatan diskusi sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar tata letak komponen komputer perlu diadakan perbaikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Rancangan penelitian ini menggunakan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) yang termasuk dalamjenis penelitian eksperimen pretest-posttes control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 1 dan Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 2 di SMK Negeri 11 Malang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 68 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas TKJ 1sebagai kelas kontrol dan kelas TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Variable penelitian terdiri dari variable bebas yaitu model pembelajaran dan variable terikat yaitu hasil belajar. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji statistic yaitu uji-t dua pihak yang dihitung dengan bantuan SPSS. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig 0 05 dan thitung ttabel. Dari hasil analisis uji-t diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah pengetahuan sikap dan keterampilan yang menerapkan model pembelajaran STAD dan Jigsaw pada matapelajaran Perakitan Komputer pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48041

Actions (login required)

View Item View Item