Pengembangan modul ajar cetak pemrograman perangkat bergerak kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak tingkat SMK / David Auliya Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul ajar cetak pemrograman perangkat bergerak kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak tingkat SMK / David Auliya Rahman

Rahman, David Auliya (2015) Pengembangan modul ajar cetak pemrograman perangkat bergerak kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak tingkat SMK / David Auliya Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahman David Auliya. 2015. Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak Kelas XII Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Tingkat SMK. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dwi Prihanto S.ST. M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom Kata kunci pengembangan modul pemrograman perangkat bergerak Penerapan kurikulum 2013 pada umumnya masih belum tersedia bahan ajar berupa modul untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Belum adanya bahan ajar berupa modul tersebut membuat siswa kesulitan dalam belajar baik dikelas maupun dirumah. Dengan kondisi seperti itu maka diperlukan penelitian berupa sebuah pengembangan bahan ajar berupa modul. Modul ini untuk mata pelajaran Pemrograman perangkat Bergerak yang bisa digunakan oleh guru dan siswa sebagai buku acuan dalam proses pembelajaran dalam pengembangan modul ajar ini nantinya terdapat materi simulasi gambar dan soal evaluasi. Bahan ajar ini nantinya berbentuk buku dan juga e-book pdf yang bisa digunakan oleh guru dan siswa sebagai buku pedoman dalam proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Arif S. Sadiman. Langkah-langkah prosedur pengembangan menurut Arif S. Sadiman adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan pembelajaran (3) perumusan materi pembelajaran (4) perumusan alat ukur keberhasilan (5) Penulisan Naskah Media (6) uji coba (7) revisi (8) naskah siap diproduksi dan dimanfaatkan. Pengujian media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan angket yang dikembangkan berdasarkan sumber Buku menyusun modul (Daryanto 2013). Modul ajar ini diuji coba pada beberapa subjek coba yakni ahli materi ahli media siswa perorangan kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba menunjukkan skor sebesar 89% yang berarti layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48040

Actions (login required)

View Item View Item