Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMK Negeri 2 Singosari / Maula Danawuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMK Negeri 2 Singosari / Maula Danawuri

Danawuri, Maula (2015) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X SMK Negeri 2 Singosari / Maula Danawuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Danawuri Maula. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom. (II) Yuni Rahmawati S.T. M.T. Kata kunci Project Based Learning Pemrograman Dasar Motivasi Hasil Belajar Pemrograman Dasar adalah salah satu mata pelajaran produktif yang ditempuh selama kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Negeri 2 Singosari. Mata pelajaran Pemrograman Dasar menekankan pada pemberian pemahaman dan penerapan latihan secara langsung sehingga siswa perlu memahami mengembangkan ketrampilan berpikir dan melatih logika dalam membuat dan menghasilkan suatu program. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diperoleh keterangan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar ketika diterapkan model Project Based Learning. Model Project Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa dan di bawah pengarahan seorang guru siswa dapat merancang memecahkan masalah membuat keputusan membuat proyek mempresentasikan proyek dan pada akhirnya akan menghasilkan suatu produk nyata. Penelitian dilakukan di SMKN 2 Singosari kelas X RPL 2 yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan dan Observasi dan (3) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning ketuntasan klasikal ulangan harian sebelum tindakan sebanyak 16 siswa atau 51 61% yang mencapai KKM dengan rata-rata nilai kelas 63 20. Pada siklus I persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM meningkat menjadi 83 87% dengan rata-rata nilai 77 54. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93 55% dengan rata-rata kelas 84 83. Persentase rata-rata motivasi belajar pada siklus I sebesar 74 60% sedangkan pada siklus II sebesar 87 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 SMK Negeri 2 Singosari pada mata pelajaran Pemrograman Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48039

Actions (login required)

View Item View Item