Wahyulianti, Rahmi (2015) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia pada mata pelajaran teknik animasi dua dimensi di SMK Negeri 1 Boyolangu / Rahmi Wahyulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyulianti Rahmi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Multimedia pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi di SMK Negeri 1 Boyolangu.Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Ir.H. Syaad Patmanthara M.Pd. (2) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom Kata Kunci model pembelajaran project based learning kreativitas hasil belajar Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi di SMKN 1 Boyolangu yaitu proses pembelajaran masih terpusat pada guru guru menggunakan metode ceramah saat pembelajaran dan siswa hanya diminta untuk merangkum materi pelajaran tanpa mempraktikkan apa yang telah dipelajari sehingga siswa kurang kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). 12288 12288 12288 12288 Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc.Taggart dengan dua siklus (siklus I siklus II). Dalam PTK satu siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) pengamatan (4) refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI Multimedia-1 SMKN 1 Boyolangu. Data dari penelitian ini berupa data kreativitas dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara observasi tes tulis dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project Based Learning kreativitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi terjadi peningkatan dari sebelum tindakan setelah siklus I dan siklus II pada aspek kreativitas dan hasil belajar aspek pengetahuan serta dari siklus I ke siklus II pada hasil belajar aspek sikap dan ketermpilan. Persentase rata-rata kelas kreativitas siswa sebelum tindakan sebesar 65 61% setelah tindakan siklus I menjadi 80 61% dan setelah tindakan siklus II menjadi 89 39%. Untuk persentase rata-rata kelas hasil belajar aspek pengetahuan sebelum tindakan sebesar 66 36% setelah tindakan siklus I menjadi 79 64% dan setelah tindakan siklus II menjadi 83 79%. Pada aspek sikap dengan presentase rata-rata kelas siklus I 82 12% menjadi 88 33% pada siklus II dan pada aspek keterampilan siklus I sebesar 82 32% menjadi 87 12%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa aspek sikap pengetahuan dan keterampilan di kelas XI MM 1 SMKN 1 Boyolangu pada Mata Pelajaran Teknik Animasi Dua Dimensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |