Pelaksanaan penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi multi kasus di SMK Islam Blitar) / Dwi Panglipuringtias - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi multi kasus di SMK Islam Blitar) / Dwi Panglipuringtias

Panglipuringtias, Dwi (2015) Pelaksanaan penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 (studi multi kasus di SMK Islam Blitar) / Dwi Panglipuringtias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Panglipuringtias Dwi. 2015. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar dan Proses Pembelajaran Berdasarakan Kurikulum 2013 (Studi Multi Kasus di SMK Islam Blitar). Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Tri Atmadji S. M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata Kunci Penilaian Hasil Belajar Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses kemajuan belajar dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Jadi penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran oleh pendidik memiliki peran yang sangat penting antara lain (1) membantu peserta didik untuk mengetahui capaian pembelajaran (2) memperoleh informasi tentang kelemahan dan kekuatan belajar dan pembelajaran dan (3) untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan. Dari hasil observasi di beberapa SMK di kota Blitar saat ini masih ada sejumlah kendala seperti (1) belum semua guru menguasai penerapan standar penilaian (2) adanya keluhan dari siswa untuk bisa beradaptasi dengan penerapan Kurikulum 2013 (3) buku literatur mengenai Kurikulum 2013 untuk beberapa mata pelajaran seperti mata pelajaran kelompok C belum ada dan (4) dengan materi yang begitu luas waktu yang digunakan guru untuk mengajar menjadi terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana penilaian hasil belajar dan proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK Islam Blitar pada Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) guru SMK Islam Blitar menerima penerapan Kurikulum 2013 dengan baik dan implementasi Kurikulum 2013 dapat berjalan dengan lancar (2) perencanaan pembelajaran guru berdasarkan RPP sudah baik yaitu disusun secara sistematis yang mengacu pada silabus dan berdasarkan Permendikbud No. 65 Tahun 2013 (3) pendekatan model dan metode dalam pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan standar proses dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 yaitu guru keahlian TKJ telah menggunakan pendekatan saintifik. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru yaitu problem solving dan probem best learning. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah diskusi penugasan dan praktik. Kemampuan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran sudah baik dan (4) penilaian yang dilakukan oleh guru sudah mencakupaspek penilaian sikap keterampilan dan pengetahuan sesuai dengan standar penilaian dalam Permendikbud No. 104 Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48036

Actions (login required)

View Item View Item