Studi persiapan dan pelaksanaan kurikulum 2013 berdasarkan standart proses kurikulum 2013 di SMK Kota Blitar / Ilma Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi persiapan dan pelaksanaan kurikulum 2013 berdasarkan standart proses kurikulum 2013 di SMK Kota Blitar / Ilma Sofiana

Sofiana, Ilma (2015) Studi persiapan dan pelaksanaan kurikulum 2013 berdasarkan standart proses kurikulum 2013 di SMK Kota Blitar / Ilma Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sofiana Ilma. 2015. Studi Persiapan dan Pelaksanaan Kurikulum 2013 Berdasarkan Standart Proses Kurikulum 2013 di SMK kota Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Atmadji S. M.Pd. (II) Drs. Slamet Wibawanto M.T. Kata kunci guru kurikulum 2013 mata pelajaran kelompok c Guru di dalam suatu kelas memiliki peran yang sangat penting. Setiap guru memiliki tanggung jawab secara aktif dalam perencanaan pelaksanaan penilaian pengadministrasian dan perubahan kurikulum (Oemar 2007 52). Kurikulum adalah seperangkat rencana pembelajaran yang mencangkup tujuan isi bahan dan cara atau metode pembelajaran yang menjadi pedoman pelaksanaan dalam program pendidikan. Saat ini Indonesia mulai menerapkan kurikulum 2013 yang dikembangkan berdasarkan pemikiran tentang masa depan yaitu tantangan abad 21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan dan kompeensi masa depan. Dengan adanya perkembangan tersebut guru sebagai pelaksana harus memahami komponen kurikulum 2013. Penelitian ini melaksanakan studi terhadap persiapan guru berdasarkan komponen dan standart proses untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 mata pelajaran kelompok C kelas X dan XI di SMK kota Blitar dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kesiapan guru untuk melaksanakan kurikulum 2013 tersebut. Subvariabel penelitian meliputi pelaksanaan pelatihan pelaksanaan pendampingan buku guru dan buku siswa rencana pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sumber data adalah guru mata pelajaran kelompok C kelas X dan XI bidang studi TI dan TE di SMK kota Blitar. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan angket yang disebar pada empat sekolah dengan dua puluh delapan responden dengan poulasi dan sampel penelitian adalah SMK yang menerapkan kurikulum 2013 di kota Blitar yaitu SMKN 1 Blitar SMKN 2 Blitar SMK 1 Islam kota Blitar dan SMK St. Yusup kota Blitar. Sebelum pelaksanaan penelitian instrument diuji coba untuk menguji validitas dan reliabilitas soal angket. Hasil penelitian menunjukkan tingkat persiapan dan pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran kelompok C bidang studi TI dan TE di SMK kota Blitar berada pada kategori baik dengan persetase 70 46%. Tingkat pelaksanaan pelatihan dengan persentase mencapai 68 17% berada pada kategori cukup. Tingkat pelaksanaan pendampingan dengan persentase 62 50% berada pada kategori cukup. Tingkat kesesuaian buku guru dan buku siswa dengan persentase 64 54% berada pada kategori cukup. Tingkat persiapan rencana pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik dengan persentase mencapai 76 75%. Tingkat pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 69 51% berada pada kategori baik. Tingkat pelaksanaan penilaian berada pada kategori baik dengan persentase mencapai 84 82%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48035

Actions (login required)

View Item View Item