Perbandingan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK pada prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas negeri Malang / Ain Sayidani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK pada prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas negeri Malang / Ain Sayidani

Sayidani, Ain (2015) Perbandingan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK pada prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Universitas negeri Malang / Ain Sayidani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pendidikan Indonesia tingkat sekolah menengah terdiri atas dua macam antara lain Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Adanya dua macam pendidikan tingkat menengah atas tersebut berpengaruh pada cara memahami ilmu baru/ilmu produktif pada matakuliah bidang Teknik Informatika. Dari permasalahan tersebut akan diteliti perbandingan prestasi yang dimiliki mahasiswa alumni SMA dan SMK pada Prodi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) di Universitas Negeri Malang (UM). Selain itu perbandingan prestasi belajar mahasiswa berasal dari SMA dan SMK berdasarkan matakuliah teori dan praktikum perbandingan prestasi belajar berdasarkan asal jurusan saat di SMA dan SMK perbandingan prestasi belajar mahasiswa SMA dan SMK berdasarkan jenis kelamin laki-laki/perempuan. Berdasarkan teori yang ada dinyatakan terdapat dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Keterhubungan mata pelajaran di sekolah menengah dengan matakuliah pada Prodi PTI sangat penting. Berdasarkan penjelasan di atas metode penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif yaitumembandingkan nilai hasil studi (Kartu Hasil Studi) pada matakuliah Teknik Informatika dengan populasi penelitian mahasiswa PTI UM tahun angkatan 2007-2013. Sampel penelitian yang digunakan sesuai jumlah populasi mahasiswa. Analisis data penelitian yang digunakan antara lain uji mormalitas data uji homogenitas data. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan Anova One Way t-test Kruskal-Walls dan U-Mann Whitney. Pembuktian hipotesis dalam penelitian dilakukan melalui perhitungan statistik dengan bantuan software SPSS for Windows 18.0. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan (1) perbedaan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK memiliki signifikansi (0.099) 0.05 (2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan asal jurusan di sekolah menengah memiliki signifikansi (0.074) 0.05 (3) perbedaan prestasi belajar mahasiswa lulusan SMA dan SMK pada matakuliah teori dan praktikum memiliki signifikansi (0.000)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48032

Actions (login required)

View Item View Item