Implementasi metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa pada mata pelajaran produktif TKJ siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek / Malukis Shofa Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa pada mata pelajaran produktif TKJ siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek / Malukis Shofa Muhammad

Muhammad, Malikis Shofa (2014) Implementasi metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa pada mata pelajaran produktif TKJ siswa kelas XI TKJ 4 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek / Malukis Shofa Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shofa M Malikus 2014. Implementasi Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Serta Partisipasi Siswa pada Mata Pelajaran Produktif TKJ Kelas XI TKJ 4 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Ahmad Fahmi S.T. M.T. Kata kunci Partisipasi siswa Contextual Teaching and Learning Hasil belajar 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Masalah yang timbul adalah sering kali guru tidak peka memahami situasi kelas selain itu metode pembelajaran konvesional yang selama ini diterapkan tidak berjalan dengan baik dan tidak mendukung aktivitas siswa untuk melakukan eksplorasi. Hal ini tentu menjadi penghambat terciptanya kondisi kelas yang kondusif untuk belajar. Disinilah pembelajaran dengan model Contextual Teaching and Learning dapat dihadirkan untuk meningkatkan kemampuan untuk belajar berdasarkan pengalaman pada kehidupan nyata pada mata pelajaran produktif TKJ. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa khususnya kelas XI TKJ 4 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek melalui model Contextual Teaching and Learning sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan penuh tantangan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dimulai dari perencanaan pelaksanaan tindakan evaluasi refleksi dan dilanjutkan dengan perencanaan siklus berikutnya. Subjek penelitian tindakan adalah guru mata pelajaran produktif TKJ dan siswa kelas XI TKJ 4 SMK Islam 1 Durenan Trenggalek berjumlah 38 orang siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini meliputi (1) persentase hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus 1 dengan persentase sebesar 60 5% pada siklus 2 sebesar 78 9% dan pada siklus 3 mencapai persentase sebesar 100% (2) persentase hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus 1 dengan persentase 80 6% pada siklus 2 sebesar 82 4% dan pada siklus 3 mencapai persentase sebesar 84 3% (3) persentase hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus 1 dengan persentase 83 5% pada siklus 2 dengan persentase 85% dan pada siklus 3 mencapai persentase sebesar 87% (4) persentase hasil partisipasi siswa dari siklus 1 dengan persentase 78 3% ke siklus 2 dengan persentase 80 8% dan pada siklus 3 mencapai persentase sebesar 82 8%. 12288 12288 12288 12288 Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar serta partisipasi siswa pada mata pelajaran produktif TKJ kelas XI TKJ 4 di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48031

Actions (login required)

View Item View Item