Meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada matapelajaran TIK kelas VIII-D SMP Negeri 2 Pandaan / Ikhfadz Amdi Alwaaly

Alwaaly, Ikhfadz Amdi (2013) Meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada matapelajaran TIK kelas VIII-D SMP Negeri 2 Pandaan / Ikhfadz Amdi Alwaaly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : model pembelajaran lansung (direct instruction), hasil belajar, aktivitas belajar, TIK SMP. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) merupakan pendekatan pembelajaran yang membutuhkan suatu pembelajaran komperehensif dimana lingkungan siswa (kelas) di rencanakan agar siswa dapat melakukan penyelidikan terhadap masalah autentik termasuk pendalaman materi suatu materi pembelajaran dan melaksanakan tugas bermakna lainnya. Dalam penelitian ini adapun tujuan yaitu : (1) mendeskripsikan penerapam Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi microsoft office word kelas VIII-D di SMP Negeri 2 Pandaan; (2) mendeskripsikan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dalam pembuatan surat, table di siswa kelas VIII-D di SMP Negeri 2 Pandaan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan satu kelas dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Kelas VIII-D berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya instrumen perlakuan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, tugas dan lembar kerja, lembar observasi pelaksanaan tugas, lembar observasi perencanaan tugas, lembar observasi pengerjaan tugas, lembar observasi presentasi, dan lembar keterlaksanaan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) memiliki rata-rata hasil belajar 72.98 dengan ketuntasan siswa 57.14% pada siklus I, selanjutnya rata-rata 76.19% dengan ketuntasan siswa 76.19% pada siklus II dan rata-rata 79.17 dengan ketuntasan 90.48% pada siklus III. Aktifitas yang dinilai adalah kegiatan melihat dan mendengar, kegiatan oral, kegiatan emosional, kegiatan menggambar, dan kegiatan metal. Hasil pembelajaran rata-rata sudah terbilang tuntas pada siklus II dan III karena sudah mencapai lebih dari 75% nilai standart ketuntasan. dan juga aktifitas siswa meningkat dari 66.67% di siklus I menjadi 72.30% di siklus II dan meningkat lagi 78.61% disiklus III. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu penerapan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada kelas VIII-D mengalami peningkatan tiap siklus nya dan siswa lebih aktif dan dapat berpikir kreatif dalam membuat sebuah tugas. Sehingga dapat ditarik garis besar penerapan model pembelajaran langsung Direct Instruction meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran langsung (Direct Instruction) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa khusunya pada mata pelajaran Microsoft office word di SMP Negeri 2 Pandaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48030

Actions (login required)

View Item View Item