Pengembangan distro linux dengan konsep diskless network berbasis Fedora Project dan penggabungan aplikasi pendidikan / Fernandez Eko NS. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan distro linux dengan konsep diskless network berbasis Fedora Project dan penggabungan aplikasi pendidikan / Fernandez Eko NS.

Nugroho S., Fernandez Eko (2013) Pengembangan distro linux dengan konsep diskless network berbasis Fedora Project dan penggabungan aplikasi pendidikan / Fernandez Eko NS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Distro Linux Fedora Diskless Network Komputer saat ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan aplikasi pendidikan di dalamnya. Banyak sekolah yang melakukan pergantian perangkat komputer dengan yang baru. Tetapi dengan menggunakan spesifikasi hardware yang minimum sudah dapat memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran. Pada umumnya sekolah di Indonesia masih banyak menggunakan sistem operasi dan software yang illegal. Melihat permasalahan tersebut maka Linux dapat dijadikan sebagai solusi atas software yang digunakan. Tidak mudah bagi masyarakat awam dan pemula untuk mempelajari sebuah sistem yang baru maka konsep diskless network adalah sebuah konsep dimana menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum untuk memudahkan mempelajari sistem operasi Linux. Dengan menggunakan konsep diskless network maka hanya perlu melakukan instalasi pada komputer server dan client hanya melakukan booting. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Tahap ini dimulai dengan mengumpulkan informasi dependencies software yang dibutuhkan dalam pengembangan sebuah distro Linux seperti Anaconda sebagai bootloader Linux dan Kickstart Kedua menspesifikasikan kebutuhan hardware dan sistem serta mendefinisikan arsitektur sistem operasi yang dikembangkan. Ketiga Menyusun daftar aplikasi pendidikan. Mekanisme uji coba sistem menggunakan metode blackbox dengan pengambilan sampel data uji coba lapangan dan perorangan. Pengujian usebilitas dilakukan dengan verifikasi angket tentang sistem yang dikembangkan sedangkan pengujian fungsionalitas sistem dilakukan dengan menghitung waktu booting client dan pemakaian bandwidth pada sisi server menggunakan aplikasi performance copilot. Hasil yang telah dicapai dari ahli media menunjukkan presentase 100 % sehingga dapat dikatakan sistem yang dikembangkan layak digunakan dari ahli materi menunjukkan presentase 100 % sehingga dapat dikatakan media pembelajaran layak digunakan dan dari siswa menunjukkan presentase 100 % sistem berjalan dengan lancar dari uji fungsional dan usebilitas dapat menunjukan bahwa sistem berjalan secara normal dan lancar 100% . Kesimpulan dari penelitian adalah(a) waktu rata-rata boot mengalami kenaikan sampai dengan 80 detik (b) rata-rata angka bandwidth yang dibutuhkan setiap client adalah 9 MBps dan (c) Setiap penambahan satu client maka bandwidth bertambah 1 MBps. Hasil uji usebilitas maka dari beberapa aplikasi pendidikan yang terdapat pada WayangOS dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sesuai dengan hasil uji coba fungsional sistem operasi maka dapat diambil kesimpulan fungsional yaitu sistem operasi yang dihasilkan dapat diterapkan di sekolah-sekolah terpencil dengan spesifikasi komputer yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48028

Actions (login required)

View Item View Item