Perbedaan hasil belajar penerapan metode inkuiri dalam Strategi Cooperative dengan metode Assisted Individualization (TAI) terhadap kompentensi dasar melakukan Setting Peripheral melalui sistem operasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sutojayan / Faris Styo Bangun - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar penerapan metode inkuiri dalam Strategi Cooperative dengan metode Assisted Individualization (TAI) terhadap kompentensi dasar melakukan Setting Peripheral melalui sistem operasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sutojayan / Faris Styo Bangun

Bangun, Farid Styo (2012) Perbedaan hasil belajar penerapan metode inkuiri dalam Strategi Cooperative dengan metode Assisted Individualization (TAI) terhadap kompentensi dasar melakukan Setting Peripheral melalui sistem operasi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sutojayan / Faris Styo Bangun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar MetodeInkuiri Metode TAI Metode pembelajaran merupakan sesuatu hal yang harus diperhatikan agar kegiatan belajar mengajar berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Sutojayan diketahui hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar melakukan setting peripheral melalui sistem operasi masih rendah. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah metode TAI. Namun metode pembelajaran ini kurang efektif dengan kondisi siswa dikelas. Hal ini menyebabkan pembelajaran menjadi pasif tidak ada persaingan antar tim dan saling tergantungan antara siswa yang kurang pandai dengan siswa yang lebih pandai sehingga mengakibatkan pada hasil belajar siswa yang rendah. MetodeInkuiri merupakan cara mengajar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan cara belajar aktif siswa. Pada metodeInkuiri siswa menemukan sendiri pemecahan masalah yang diberikan oleh guru sampai pada tahap yakin . Dengan menggunakan strategi penemuan dan cara pembagian kelompok yang dibentuk oleh siswa sendiri akan mengubah pola belajar siswa lebih aktif dalam kelompok mereka dikarenakan kenyamanan mereka dalam kelompok dan dapat menjadi sebuah solusi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penerapam metode Inkuiridalam strategi cooperative dengan metode TAI. Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan menggunakan pretest dan postest pada kedua kelas sampel. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Pupolasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling kelompok cluster sehingga didapatkan kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-5 sebagai kelas kontrol dengan perimbangan dari nilai pretes dan saran dari guru TIK. Rata-rata nilai kelas kontrol waktu pretest adalah 43 04 dan postes 80 05. Sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen pada waktu pretest adalah 42 25 dan postest 85 82. Dari penelitian ini didapatkan hasil uji-t dua pihak data postes dengan thitung 5 304 yang lebih besar dari ttabel 1 99 serta derajat kebebasan 0 000 yang lebih kecil dari 0 05. Dari hasil analisis uji-t tersebut didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar melakukan setting peripheral sistem operasi melalui metode Inkuiridalam strategi cooperative dengan metode Team Assisted Individualization.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48026

Actions (login required)

View Item View Item