Perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) dengan model pembelajaran PBL(project based learning) terhadap hasil pembelajaran siswa pada pembelajaran web desain (mulok 1) di SMK Mahardika Malang / Risky Herdy Wardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) dengan model pembelajaran PBL(project based learning) terhadap hasil pembelajaran siswa pada pembelajaran web desain (mulok 1) di SMK Mahardika Malang / Risky Herdy Wardana

Wardana, Risky Herdy (2012) Perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered heads together) dengan model pembelajaran PBL(project based learning) terhadap hasil pembelajaran siswa pada pembelajaran web desain (mulok 1) di SMK Mahardika Malang / Risky Herdy Wardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Hasil Belajar Model pembelajaran dalam proses belajar mengajar sangat berperan dalam keberhasilan belajar siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar. Langkah yang dapat diupayakan oleh seorang guru adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan secara individu kepada siswa yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata untuk memberikan bantuan dalam pemahaman materi agar tidak tertinggal oleh siswa lain dan memberikan motivasi agar siswa yang bersangkutan mau berusaha seperti siswa lain. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan (1) Perbedaan hasil belajar siswa antara yang kegiatan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan model pembelajaran PBL (Project Based Learning). Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan teknik purposive sampling adapun sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol dan X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen permbelajaran yaitu silabus rpp dan instrumen pengukuran menggunakan rubrik afektif unjuk kerja jobsheet tes formatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen adalah 74 8 dan pada kelompok kontrol adalah 74 7. Data hasil belajar dari masing-masing kelas diuji hipotesis menggunakan uji-t. Dari uji-t diperoleh hasil yaitu thitung (0 086) ttabel (2 000) sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang kegiatan pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan model PBL (Projct Baseed Learning)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48025

Actions (login required)

View Item View Item