Nuryanto, Agus (2011) Perbedaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tipe NHT terhadap hasil belajar pada pokok bahasan penerapan fungsi peripheral dan instalasi PC siswa kelas X SMKN 6 Malang / Agus Nuryanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Hasil Belajar Jigsaw Numbered Heads Together (NHT) Peripheral. Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu tolak ukur keberhasilan guru adalah bila dalam pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru untuk mengelola proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung dengan guru Peripheral kelas X TKJ di SMKN 6 Malang diperoleh keterangan bahwa metode yang sering digunakan dalam pengajaran peripheral adalah metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental). Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotorik siswa kelas X TKJ pada pokok bahasan Perbaikan Peripheral sebagai variabel terikat sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMKN 6 Malang semester 1 tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 266 siswa dengan sampel penelitian adalah kelas X TKJ 4 kelas X TKJ 5 dan kelas TKJ 6. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling kelompok (kluster). Instrumen penelitian ini yaitu instrumen pembelajaran dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik kuantitatif. Analisis stasistik kuantitatif untuk menganalisis data kemampuan awal siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Untuk hasil belajar ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (NHT) (84 42) lebih tinggi dari kelas eksperimen (Jigsaw) (77 47) dengan selisih sebesar 6 95 poin. Sedangkan untuk hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (NHT) (85 63) lebih tinggi dai kelas eksperimen (Jigsaw) (80 68) dengan selisih sebesar 4 95 poin. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar (ranah kognitif dan ranah psikomotorik) siswa pada kompetensi Menerapkan Fungsi Peripheral dan Instalasi PC siswa kelas X SMKN 6 Malang tahun pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48022 |
Actions (login required)
View Item |