Profil pembelajaran pada pendidikan anak usia dini Tunas Harapan Purwosari Pasuruan / Listiana Pramesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pembelajaran pada pendidikan anak usia dini Tunas Harapan Purwosari Pasuruan / Listiana Pramesti

Pramesti, Listiana (2010) Profil pembelajaran pada pendidikan anak usia dini Tunas Harapan Purwosari Pasuruan / Listiana Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

5 ABSTRAK Pramesti Listiana. 2009. Profil Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan Purwosari Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mundzir M. Pd Pembimbing II Drs. Urib Urbiyanto M. S Kata Kunci Profil Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan metode dan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan dan penilaian perkembangan anak yang digunakan oleh pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Harapan. Lokasi penelitian yang dipilih adalah PAUD Tunas Harapan yang terletak di JL. Kemantren Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian deskriptif. Metode yang dipakai peneliti adalah metode observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan April 2009. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada paud tunas harapan bahwa materi yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD ini untuk anak usia dini dikembangkan merujuk pada pencapaian kemampuan anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya dalam menu pembelajaran generik . Pendidik memberikan kegiatan pembelajaran yang dapat mencakup aspek (1) perkembangan moral dan nilai-nilai agama (2) pengembangan fisik (3) pengembangan bahasa (4) pengembangan kognitif / daya pikir (5) pengembangan sosio-emosional dan (6) pengembangan seni pada anak. Kegiatan pembelajaran yang diberikan pada anak usia 2-3 tahun dan 3-4 tahun pada dasarnya sama namun kegiatan pembelajaran yang diberikan untuk usia 2-3 tahun lebih sederhana dan dilakukan dengan bermain yang bertujuan untuk pembiasaan moral melatih bahasa anak melatih keberanian dan kemandirian anak serta kedisiplinan dan tanggung jawab anak didik.. Metode pembelajaran di PAUD Tunas Harapan ini dilaksanakan secara sederhana manarik dan bervariasi sehingga materi mudah diterima anak didik sesuai dengan kebutuhan minat dan kemampuannya. Adapun metode yang digunakan di PAUD meliputi (a) Metode bernyanyi (b) metode bercakap-cakap/ tanya jawab (c) metode bermain peran (d) metode bercerita (e) metode karyawisata (f) metode demonstrasi (g) metode pemberian tugas. Pada PAUD metode pembelajaran yang diterapkan berdasarkan atas perkembangan anak secara tepat bertahap berulang dan terpadu yang dilakukan dengan suasana bermain karena pada dasarnya bermain adalah dunia anak-anak.. Pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidik membutuhkan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menarik minat belajar anak didik. Media yang digunakan adalah media yang ada disekitar PAUD yaitu benda-benda gambar-gambar yang ditempel didinding buku cerita buku gambar majalah sampai alat-alat yang secara baku digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan materi tertentu. Media pembelajaran anak didik adalah sederhana mereka terbiasa bermain dengan apa yang ada disekitarnya. Segala macam benda seperti hewan-hewan plastik boneka balok dekak-dekak lego puzzle yang dapat menjadi media bermain untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan anak didik. Pendidik PAUD Tunas Harapan menilai anak usia dini dengan observasi baik secara individu maupun kelompok dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan anak usia dini dan membantu orang tua dalam memberikan dorongan pada anak usia dini untuk belajar. Penilaian ini dilakukan oleh pendidik mulai dari anak didik awal masuk sampai kegiatan belajar berakhir yang dilakukan berdasarkan aktivitas pembelajarannya. Penilaian tersebut melalui rapot dalam bentuk narasi diberikan tiap semester sekali sedangkan melalui buku penghubung dalam bentuk narasi diberikan tiap ada kegiatan. Adapun aspekaspek yang akan dinilai setiap harinya pada buku penilaian adalah norma / agama kognitif atau daya pikir anak usia dini psikomotorik dan afektif. Alat penilaian kegiatan pembelajaran yang digunakan pada PAUD Tunas Harapan yaitu melalui pengamatan pemberian tugas dan hasil karya anak usia dini yang diberikan secara narasi atau deskripsi. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan tambahan informasi dan keilmuan dibidang PAUD khususnya kegiatan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini adanya metode pembelajaran yang beragam dan bersifat fleksibel sehingga materi yang disampaikan mudah diterima oleh anak usia dini sesuai dengan kebutuhan minat dan kemampuannya sehingga dapat mencakup semua aspek pengembangan pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item