Prototipe sistem keamanan rumah dengan sensor sidik jari berbasis mikrokontroler / Alrizal Akbar Nusantara - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototipe sistem keamanan rumah dengan sensor sidik jari berbasis mikrokontroler / Alrizal Akbar Nusantara

Nusantara, Alrizal Akbar (2019) Prototipe sistem keamanan rumah dengan sensor sidik jari berbasis mikrokontroler / Alrizal Akbar Nusantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nusantara Alrizal Akbar. 2018. Prototipe Sistem Keamanan Rumah dengan Sensor Sidik Jari berbasis Mikrokontroler. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ilham Ari Elbaith Zaeni S.T. M.T. Ph.D (II) Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci keamanan sidik jari mikrokontroler Pada era globalisasi saat ini perkembangan teknologi sangat pesat di segala bidang. Kebutuhan manusia akan kecepatan dan kemudahan telah mendorong manusia untuk selalu berinovasi. Salah satu bidang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat yaitu di bidang teknologi keamanan. Pada awalnya sistem keamanan hanya dilakukan secara manual dan kurang praktis dibanding dengan sistem teknologi saat ini. Salah satu teknologi keamanan yang dikembangkan saat ini adalah aplikasi/penggunaan biometrika. Salah satu biometrika yang paling sering digunakan adalah sidik jari. Sistem keamanan berbasis sidik jari menjadi teknologi yang cukup handal dikarenakan terbukti relatif akurat aman mudah dan nyaman untuk dipakai sebagai identifikasi sistem keamanan pada rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis biometrika sidik jari dari penelitian-penelitian yang sudah ada dengan mengoptimalkan dan memperbarui kelemahan yang ada sebelumnya. Sistem keamanan ini diterapkan pada pintu rumah yang dapat menjadi solusi mengatasi pembobolan rumah. Mikrokontroler yang digunakan pada sistem ini adalah Arduino UNO Atmega328P CH340 R3 Board Micro USB port dengan input antara lain sensor sidik jari keypad 4x5 sensor magnet push button serta output antara lain solenoid 12V LCD 16x2 modul GSM SIM800L LED dan buzzer. Kelebihan dari sistem keamanan ini adalah dapat memberikan tanda bahaya berupa suara apabila sistem ini mendeteksi pola sidik jari yang salah atau terjadi pembukaan paksa pintu dan sistem ini akan menelpon pemilik rumah apabila terjadi demikian. Selain itu sistem keamanan ini dapat memberikan notifikasi setiap aktivitas ke pemilik rumah melalui SMS sehingga pemilik rumah dapat memantau keadaan rumah dari jarak jauh. Pada sistem ini dilengkapi juga dengan push button yang berfungsi agar dapat membuka pintu dari dalam rumah. Jumlah maksimun user yang tersimpan adalah sebanyak 4 user dan 1 administrator. Administrator bertugas untuk menambahkan/menghapus sidik jari mengganti nomor telepon pemilik rumah dan mengganti PIN pada sistem. Dari hasil pengujian respon sensor sidik jari dalam pembacaan sidik jari relatif cepat dengan rata-rata waktu 1 136 detik dan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman SMS adalah sebesar 69 detik dan menelpon sebesar 3 2 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48012

Actions (login required)

View Item View Item