Komparasi performa mesin printer 3D (rapid prototyping) berbasis Fused Deposition Modeling (FDM) dengan software cura, repetier host dan craftware / Danang Alfian Tri Cahyo

Cahyo, Danang Alfian Tri (2019) Komparasi performa mesin printer 3D (rapid prototyping) berbasis Fused Deposition Modeling (FDM) dengan software cura, repetier host dan craftware / Danang Alfian Tri Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Cahyo, Danang Alfian Tri. 2018. Komparasi Performa Mesin Printer 3D (Rapid Prototyping) Berbasis Fused Deposition Modeling (FDM) dengan Software CURA, REPETIER HOST dan CRAFTWARE. Skripsi. Program Studi S1 Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., (2) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Kata kunci: Printer 3D, Rapid Prototyping, Fused Deposition Modeling (FDM), Polylactic Acid (PLA), G-Code, REPETIER HOST, CURA, CRAFTWARE. Mesin Printer 3D atau juga dikenal dengan teknologi Rapid Prototyping adalah proses pembuatan desain prototipe yang banyak digunakan oleh para insinyur, seniman maupun para kreator untuk menciptakan desain prototipe sebelum mereka mengimplementasikan alatnya secara real. Pembuatan alat maupun pengembangan riset akan makin mudah dan cepat, disisi lain biaya yang dikeluarkan akan semakin menyusut, sehingga meningkatkan efisiensi dari segi biaya maupun waktu produksi. Atas dasar peluang meningkatkan efisiensi tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk membangun sebuah Printer 3D yang responsif, berbiaya rendah, memiliki kepresisian dan ketahanan yang tinggi serta mampu bekerja dengan software profesional CURA, REPETIER HOST, dan CRAFTWARE. Software tersebut digunakan untuk merubah desain 3D Computer Aided Design (CAD) ke dalam G-code. Rancang bangun printer 3D yang dikembangkan menggunakan metode Fused Deposition Modeling (FDM) dengan material cetakan berupa filament Polylactic acid (PLA). Arduino Mega menjadi unit proses dan RAMPS 1.4 (RepRap Arduino Mega Polulu Shield) sebagai shield sistem elektrik. LCD Smart Controller menjadi bagian untuk melakukan kontrol secara hardware serta digunakan untuk mengamati proses pencetakan. Printer dapat dihubungkan dengan Personal Computer (PC) menggunakan komunikasi serial dengan port USB untuk mencetak secara online maupun pencetakan secara offline melalui SDCard. . Penelitian ini menghasilkan produk berupa kinerja printer 3D yang ditunjukkan oleh cetakan 3D yang dihasilkan beserta detail statistik yang berasal dari software yang digunakan, detail tersebut berupa waktu proses, layer model, jumlah garis, beserta jumlah bahan yang digunakan. Detail tersebut didapatkan dari 3 software yang digunakan pada printer, kemudian digunakan untuk membandingkan hasil cetakan dengan statistik setiap software. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, waktu proses tercepat dihasilkan dengan menggunakan CRAFTWARE yang ditujukkan dengan statistik dan juga waktu proses secara real time, layer dan garis model paling sedikit dihasilkan dengan CRAFTWARE yang ditunjukkan dengan statistik dan penggunaan bahan yang paling sedikit dihasilkan dengan menggunakan CURA. Secara keseluruhan, hasil cetakan terbaik dihasilkan dengan menggunakan CRAFTWARE yang ditunjukkan dengan surface finish yang lebih halus serta waktu proses yang paling cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/48011

Actions (login required)

View Item View Item